Budhy Munawar Rachman: Kedudukan Sains, Filsafat, dan Agama Sama-sama Kokoh

- 28 November 2021, 15:15 WIB
Budhy Munawar Rachman, Dosen Sekolah Tinggi Filsafat  Driyarkara
Budhy Munawar Rachman, Dosen Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara /Internet

 

INDOBALINEWS - Sains, filsafat, dan agama sebenarnya mempunyai kedudukan masing-masing yang kokoh, sesuai permainan bahasa (language games) masing-masing. Hal ini menurut perspektif filsafat bahasa dari filsuf Ludwig Wittgenstein.

Demikian Dr. Budhy Munawar Rachman, dosen Sekolah Tinggi Filsafat (STF) Driyarkara, selaku menjadi narasumber dalam website seminar Obrolan Hati Pena #15, yang berlangsung di Jakarta, Minggu 28 November 2021 di Jakarta.

Seminar yang diselenggarakan oleh Perkumpulan Penulis Indonesia, Satupena itu membahas polemik sains vs filsafat ini dipandu oleh Elza Peldi Taher dan Amelia Fitriani.

Baca Juga: Denny JA: Sains Memberi Pengetahuan, Filsafat Memberi Kearifan

Budhy menjelaskan, menurut Wittgenstein, untuk mengerti fungsi bahasa, perhatian harus dialihkan. Yakni, dari logika dan penyusunan bahasa yang sempurna, kepada logika bahasa sehari-hari, bahasa common sense.

Karena permainan bahasa inilah, bahasa mempunyai berbagai macam penggunaan, tergantung dari konteksnya.

Bahasa logika yang menjadi fondasi bahasa sains tidak dapat memecahkan seluruh persoalan yang timbul dari pemakaian Bahasa, karena makna tergantung dari penggunaan.

“Malahan, bahasa logika akan mengakibatkan suatu distorsi yang serius, jika dipaksakan untuk memahami sesuatu yang memang struktur epistemologisnya ada di luar fakta empiris,” ujar Budhy.

Halaman:

Editor: Riyanto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x