Buat Klip di Yogyakarta dan Bali, REOG Band dari USA Angkat Budaya Indonesia

- 20 Agustus 2023, 10:28 WIB
Grup Badn REOG saat di lokasi syuting di Yogyakarta
Grup Badn REOG saat di lokasi syuting di Yogyakarta /Saifullah/Doc. Band

  INDOBALINEWS - Punya nama unik REOG Band, grup band kolaborasi musisi Indonesia dan Amerika Serikat (AS) yang berhome base di Los Angeles pun ingin mengangkat budaya Indonesia. Kini mereka tengah membuat dua video klip di Yogyakarta dan Bali.

lagu yang diangkat untuk klip ini adalah karya sang vocalis Sammy Tampubolon, yakni Daily Grind dan Island of the Gods. "Pembuatan lagu adalah pada 2010 dan namun direcord ulang dan sound-nya lebih modern," katanya di Denpasar.

Melalui klip itu mereka ingin mengukuhkan diri sebagai band yang lekat dengan kebudayaan Indonesia yang sudah cukup dikenal di Amerika Serikat khususnya di Los Angeles.

"Kalau aliran musiknya memang Heavy Metal, tapi lewat nama REOG saja orang sudah bertanya-tanya, apa yang menjadi ciri band ini," kata Sammy mengenai band yang berdiri pada 2005.

 Sementara Novi Hartoyo yang menjadi sutradara menyebut, klip lagu Daily Grind mengambil syuting dengan latar belakang kawasan Candi Banyunibo, Yogyakarta, dan juga menampilkan adegan tarian Bujang Ganong yang ditampilkan sedikit bergaya modern.

"Karena Reog itu pengertiannya adalah mistis, saya mencoba mengangkat budayanya melalui tarian Bujang Ganong tapi tidak dibuat tradisional tapi lebih sedikit modern. Saya bikin juga adegan di perkebunan tebu, sawah, hutan dan ending-nya adalah (adegan syuting) stonehange heritage, Kaliurang, Yogyakarta," ungkapnya. 

Sementara, untuk video klip  lagu Island of the Gods menggambarkan indahnya Pulau Dewata sebagai salah tempat wisata dunia bagi turis namun lekat dengan nilai kesakralan tradisinya.

 Untuk latar belakang dalam pembuatan video klip ini ada tiga tempat yaitu di kawasan Uluwatu, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, dan di Gunung Batur, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, dan Desa Wisata Tenganan, di Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem, Bali.

 Selain me buat klip, mereka juga menggelar tur  tur musik bertajuk “Rock Will Never Die” di tiga kota di Indonesia, yaitu Jakarta, Yogyakarta dan Pulau Bali sepanjang Bulan Agustus 2023.

Tur  di Pulau  Bali akan digelar di panggung band indie Bali, BAS INDIE Special REOG di Gatsu Barat pada tanggal 19 Agustus 2023 dan Jeger House, Renon, Kota Denpasar pada tanggal 21 Agustus 2023 dengan band pembuka Minatory band. REOG Band akan menutup rangkaian tur dengan kembali ke Jakarta di Star Deli, Jalan Kemang Raya pada  tanggal 24 Agustus 2023 dengan band pembuka Jikunsprain. ***

Editor: Saifullah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x