Hari Batik Nasional: Kenali 10 Motif Populer di Indonesia

- 2 Oktober 2023, 15:11 WIB
Ilustrasi terkait Hari Batik Nasional yang diperingati setiap tanggal 2 Oktober dan mengenal beberapa motif batik klasik yang terinspirasi dari kisah percintaan, dan memiliki filosofi makna cinta yang mendalam.
Ilustrasi terkait Hari Batik Nasional yang diperingati setiap tanggal 2 Oktober dan mengenal beberapa motif batik klasik yang terinspirasi dari kisah percintaan, dan memiliki filosofi makna cinta yang mendalam. /Tangkapan layar/Instagram @batik_truntum_laweyan

INDOBALINEWS - Hari Batik Nasional diperingati setiap tanggal 2 Oktober. Momen tersebut tentu tak lepas dari penetapan batik sebagai warisan budaya tak benda oleh UNESCO pada 2009 lalu.

Penetapan dilakukan dalam sidang ke-2 Komite Antar-Pemerintah tentang Warisan Budaya Tak Benda di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab pada 2 Oktober 2009.

Meski demikian batik bukanlah hasil budaya Indonesia saja, tetapi juga budaya Asia Tenggara yang lebih luas. Namun, Indonesia telah menjadi salah satu negara yang paling terkenal dalam pengembangan dan pelestarian seni batik ini.

Baca Juga: Mengenal Sejarah Makna Hari Batik Nasional

Batik adalah kain yang dihasilkan dari teknik pewarnaan dengan menggunakan lilin sebagai penutup area yang tidak ingin diwarnai. Hari Batik Nasional merayakan kekayaan sejarah, keindahan, dan makna budaya di balik seni tekstil tradisional ini.

Hal ini membuat motif batik menjadi beragam. Tak terkecuali di Indonesia, banyak motif batik yang tersebar di pasar. Untuk mengenalinya, baiknya kita memahami makna dan motif batik yang terkenal kerap muncul di pasaran. Berikut ulasan 10 motif batik poluper di Indonesia.

1. Motif Batik Tujuh Rupa

Motif batik tujuh rupa yang berasal dari Pekalongan ini sangat kental dengan nuansa alam. Pada umumnya, batik pekalongan menampilkan berbagai bentuk motif dengan gambar hewan maupun tumbuhan. Berbagai motif tersebut diambil dari berbagai macam campuran kebudayaan lokal dengan kebudayaan dari etnis Cina.

Baca Juga: Imigrasi Denpasar Tengah Telusuri Bule yang Meditasi Telanjang di Depan Pelinggih Pura di Bali

Halaman:

Editor: Wildan Heri Kusuma

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x