Diinisiasi Bank Indonesia, Bali Jagadhita Harap UMKM Bali Dapat Perluas Pasar dan Naik Kelas

- 10 Juni 2024, 16:15 WIB
Pembukaan Bali Jagadhita 2024 yang diinisiasi dan difasilitasi oleh Bank Indonesia di The Meru Sanur Senin 10 juni 2024.
Pembukaan Bali Jagadhita 2024 yang diinisiasi dan difasilitasi oleh Bank Indonesia di The Meru Sanur Senin 10 juni 2024. /Dok Pemprov Bali

 

INDOBALiNEWS - Pemerintah Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota tentunya membutuhkan peran dan kontribusi nyata dari instansi vertikal dalam memajukan pembangunan Bali,]

Untuk itu acara Bali Jagadhita 2024 yang diinisiasi dan difasilitasi oleh Bank Indonesia tentunya memberikan vibrasi positif bagi Bali dalam memajukan ekonomi Bali khususnya bidang UMKM.

Demikian disampaikan Penjabat (Pj.) Gubernur Bali S.M. Mahendra Jaya saat memberikan sambutan pada acara Pembukaan Bali Jagadhita 2024 bertempat di The Meru Hotel, Sanur pada Senin 10 juni 2023.

Baca Juga: Rizieq Shihab Bebas Murni Hari Ini, Rampung Masa Pembimbingan

“Menarik makna “Jagadhita” yaitu memberikan kebahagiaan dan kesejahteraan bagi masyarakat, kami berharap melalui Event Bali Jagadhita Tahun 2024 ini UMKM Bali dapat memperluas pasar baik di dalam maupun diluar negeri dan tentunya UMKM Bali dapat naik kelas,” ungkap Mahendra Jaya.

Lebih lanjut, Mahendra mengungkapkan sebagaimana diketahui, Provinsi Bali adalah satu dari 38 Provinsi di Indonesia, wilayahnya tidak terlalu besar dibandingkan provinsi lainnya. Pada triwulan I tahun 2024, perekonomian Bali mengalami pertumbuhan secara year on year sebesar 5,98% lebih tinggi dari triwulan sebelumnya yang sebesar 5,86%, dengan pertumbuhan ekonomi Bali pada tahun 2023 sebesar 5,71%.

Pertumbuhan Ekonomi Bali pada tahun 2023 tersebut sudah lebih baik dari pada tahun 2019 sebelum Pandemi COVID-19 yang sebesar 5,6%. Menguatnya perekonomian Bali tentu tidak lepas dari kinerja investasi, bangkitnya industri pariwisata Bali, paralel dengan meningkatnya kunjungan wisatawan.

Pemerintah Provinsi Bali menyadari, saat sekarang ini industri pariwisata telah menjadi industri global, sangat kompetitif karenanya Pemerintah Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Bali, perlu untuk terus meningkatkan layanan, termasuk layanan informasi, menjaga ketersediaan pangan, menjamin keamanan dan kenyamanan, melalui penataan dan perbaikan infrastruktur sekaligus menjaga agar Bali sebagai destinasi wisata dengan kekuatan budaya tetap lestari.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah