HUT RI ke 78: Kibarkan Merah Putih Bawah Laut, Kemendikbudristek Lestarikan Pemajuan Kebudayaan

- 17 Agustus 2023, 14:41 WIB
Pengibaran bendera merah putih yang digelar Kemendikbudristek melalui Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah XV, Direktorat Jenderal Kebudayaan bersama satuan Brimob Polda Bali Kamis 17 Agustus 2023.
Pengibaran bendera merah putih yang digelar Kemendikbudristek melalui Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah XV, Direktorat Jenderal Kebudayaan bersama satuan Brimob Polda Bali Kamis 17 Agustus 2023. /Dok Kemendikbudristek

INDOBALINEWS - Beragam kegiatan digelar untuk merayakan Hari Kemerdekaan, HUT RI 2023 di berbagai penjuru Nusantara pada Kamis 17 Agustus 2023.

Salah satunya yang digelar Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah XV, Direktorat Jenderal Kebudayaan bersama satuan Brimob Polda Bali.

Kemendikbudristek melaksanakan upacara pengibaran bendera Merah Putih di bawah laut untuk mengingatkan kembali bahwa sejarah perjuangan Kemerdekaan Indonesia dan pemajuan kebudayaan serta situs bawah laut.

Baca Juga: Pebalap Asal Jepang Meninggal Dunia, Usai Crash di Sirkuit Mandalika

Acara pengibaran merah putih di bawah laut oleh Kemendikbudristek Kamis 17 Agustus 2023.
Acara pengibaran merah putih di bawah laut oleh Kemendikbudristek Kamis 17 Agustus 2023. Dok Kemendikbudristek

Kegiatan diselenggarakan bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) Ke- 78, dan dilaksanakan Kamis, 17 Agustus 2023. Acara berlangsung di dua lokasi yang saling terintegrasi, yaitu di darat, di Puri Madha Dive Resort, dan di bawah air, di area karamnya kapal USAT Liberty, perairan Desa Tulamben, Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem, Provinsi Bali.

Tampak Hadir Direktur Film, Musik dan Media Ahmad Mahendra, Restu Gunawan Direktur Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan, Kepala Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah XV Abi Kusno.

Baca Juga: Hari Kemerdekaan RI, Kirab Budaya Nusantara dan Pesta Rakyat di GWK Libatkan Ribuan Peserta

Direktur Perfilman, Musik dan Media Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbudristek Ahmad Mahendra mengatakan pentingnya kegiatan dilaksanakan untuk mengingatkan kembali kepada masyarakat, khususnya generasi muda dan para penyelam pentingnya menjaga ekosistem cagar budaya dibawah laut.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x