Bumikan Reformasi Birokrasi Berdampak, Kemenkumham Bali Sambangi Pembukaan RBXperience 2023

- 5 Desember 2023, 22:40 WIB
Kanwil Kemenkumham Bali saat menghadiri acara RBXperience di Nusa Dua, Bali, Selasa 5 Desember 2023.
Kanwil Kemenkumham Bali saat menghadiri acara RBXperience di Nusa Dua, Bali, Selasa 5 Desember 2023. /Dok. Humas Kanwil Kemenkumham Bali.

 

INDOBALINEWS - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menggelar RBXperience, Selasa 5 Desember 2023, yang merupakan sebuah ajang bagi instansi pemerintah untuk saling belajar serta bertukar pengetahuan dan pengalaman terkait implementasi kebijakan reformasi birokrasi. Acara yang berlangsung di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC) Nusa Dua, Bali ini akan diisi dengan coaching clinic, peer teaching, serta talk show bersama para praktisi terbaik kebijakan RB di Indonesia.

Dalam pembukaan kegiatan, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Bali, Romi Yudianto bersama Kepala Biro Perencanaan Sekretariat Jenderal (Setjen) Kemenkumham, Ida Asep Somara dan Kepala Bagian RB Setjen Kemenkumham, Bramantyo Agung Nugroho turut menghadiri serta mengikuti segenap rangkaian kegiatan RBXperience mulai dari mengunjungi pameran layanan publik Kemenkumham hingga acara talkshow dan pembukaan yang dalam kesempatan tersebut dibuka secara langsung oleh Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas.

Kakanwil Romi Yudianto, menyampaikan antusiasme dan apresiasi terhadap kegiatan RBXperience ini dimana melalui RBXperience diharapkan jajaran Kemenkumham khususnya Kanwil Kemenkumham Bali mampu mempercepat peningkatan kualitas tata kelola instansi pemerintahan, terutama dalam hal yang berkaitan dengan RB Tematik, yakni pengentasan kemiskinan, peningkatan investasi, serta serta akselerasi digitalisasi administrasi pemerintahan.

Baca Juga: Diseminasi serta Penguatan Penindakan dan Penyidikan Keimigrasian Digelar guna Tekan Pelanggaran Orang Asing

Menteri PANRB dalam sambutan pembukaannya menyampaikan, “Acara yang kita beri nama “RBXperience” ini bukanlah sekadar seremoni, tetapi menjadi salah satu strategi untuk membumikan reformasi birokrasi berdampak. Instansi yang RB-nya bagus dengan dampak nyata di masyarakat kita hadirkan, semuanya bisa menggali best practices itu untuk diterapkan di wilayah masing-masing,” terang Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas pada pembukaan RBXperience di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali, Selasa (05/12).

Azwar Anas menjelaskan, reformasi birokrasi harus dijalankan dengan mengusung mekanisme double track, yakni RB general dan RB tematik. RB general berbasis pada penguatan tata kelola pemerintahan yang bersih dan akuntabel. Adapun RB tematik fokus pada dampak yang dirasakan masyarakat pada empat tema, yaitu pengurangan kemiskinan, peningkatan investasi, digitalisasi, dan pengendalian informasi serta penguatan belanja produk dalam negeri.

“Dengan adanya transformasi digital, seluruh layanan dan program pemerintah semakin dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” imbuh Anas.

Baca Juga: 10 Ungkapan Terimakasih Dalam Bahasa Inggris Beserta Jawabannya

Halaman:

Editor: Ronatal Siahaan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x