Jelang Libur Sekolah, Diprediksi Terjadi Peningkatan Konsumsi Avtur 14,12% Dibanding Hari Normal

- 23 April 2024, 22:25 WIB
Manager Communication Relations dan CSR Pertamina Patra Niaga regional Jatimbalinus Ahad Rahedi saat acara media gathering Pertamina Jatimbalinus di Denpasar Selasa 23 April 2024.
Manager Communication Relations dan CSR Pertamina Patra Niaga regional Jatimbalinus Ahad Rahedi saat acara media gathering Pertamina Jatimbalinus di Denpasar Selasa 23 April 2024. /Dok Rohmat

INDOBALINEWS - Menjelang masa liburan sekolah Pertamina memprediksi puncak konsumsi avtur di Bali terjadi pada Juni 2024 dengan peningkatan 14,12 persen atau sebesar 2158 KL per hari dibandingkan konsumsi normal harian sebesar 1891 KL per hari.

Sementara libur sekolah berlangsung antara Juni-Juli 2024 nanti, sehingga diperkirakan akan menambah jumlah kunjungan wisatawan khususnya domestik untuk liburan di Bali.

Manager Communication Relations dan CSR Pertamina Patra Niaga regional Jatimbalinus Ahad Rahedi mengatakan mendekati libur sekolah pada Juni 2024 nanti, diproyeksikan arus kedatangan turis asing maupun domestik akan meningkat tajam.

Baca Juga: Viral di Medsos Video 2 Helikopter AL Kerajaan Malaysia Bersenggolan di Udara, 10 Tewas

"Oleh karena itu Pertamina berusaha menjaga stok bahan bakar minyak (BBM) Gasoil, Gasoline maupun BBM jenis avtur untuk mendukung kelancaran arus kedatangan wisatawan melalui jalur darat maupun Bandara Ngurah Rai," ujar Ahad dalam acara media gathering Pertamina Jatimbalinus di Denpasar Selasa 23 April 2024.

Seperti yang dibertakan sebelumnya Pertamina Patra Niaga regional Jatimbalinus juga menjamin ketersediaan pasokan avtur di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali aman mengingat saat ini terjadi trend peningkatan kunjungan wisata khususnya wisatawan mancanegara yang cukup signifikan di pulau Bali.

Berdasarkan laporan Dewan Perjalanan dan Wisata Dunia (WTTC) Bali didapuk menjadi salah satu destinasi wisata dengan turis berlebih (overtourism) pada periode Januari hingga November 2023.

Baca Juga: Piala Asia U-23: Indonesia VS Korea Selatan di Perempat Final

Overtourism di Bali ini menjadi perhatian juga bagi Pertamina untuk mengantisipasi kebutuhan Avtur di Bandara karena kebanyakan kedatangan wisatawan ke Bali melalui pesawat udara. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bali, pada Februari 2024 ada sejumlah 454.801 wisatawan mancanegara (wisman) yang berkunjung ke Pulau Dewata.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x