Kelompok Nelayan dan Kelompok Usaha Bersihkan Sampah, Jaga Kelestarian Hutan Mangrove

- 7 Mei 2024, 13:08 WIB
Kelompok Nelayan dan Kelompok Usaha Bersihkan Sampah, Jaga Kelestarian Hutan Mangrove Selasa 7 MEi 2024.
Kelompok Nelayan dan Kelompok Usaha Bersihkan Sampah, Jaga Kelestarian Hutan Mangrove Selasa 7 MEi 2024. /Dok Awid


INDOBALINEWS -  Kelompok Nelayan Mina Segara Guna Batu Lumbang bersama Kelompok Usaha Bersama Segara Batu Lumbang melakukan bersih-bersih sampah di kawasan hutan mangrove di areal sekitar Waduk Muara Nusa Dua, Pemogan.

Ketua Kelompok Nelayan Segara Guna Batu Lumbang I Wayan Kona Antara mengatakan, sebagai penyangga pesisir, mangrove atau hutan bakau sangat vital bagi lingkungan.

"Maka tidak berlebihan jika masyarakat pemanfaat kawasan hutan manggrove terus bergerak untuk pemuliaan lingkungan," ucapnya, Selasa 7 Mei 2024 di Denpasar.

Baca Juga: Update Tewasnya Taruna STIP: Keluarga Putu Satria Berharap Kasus Tak Mandek Setelah Viral

Ia menerangkan, mangrove adalah jenis tanaman dikotil yang hidup di air payau dan air laut. Mangrove merupakan tanaman hasil dari kegiatan budidaya atau diambil dari alam.

Hutan mangrove adalah salah satu jenis hutan yang banyak ditemukan pada kawasan muara dengan struktur tanah rawa dan atau padat.

"Mangrove menjadi salah satu solusi yang sangat penting untuk mengatasi berbagai jenis masalah lingkungan, terutama untuk mengatasi kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh rusaknya habitat untuk hewan," jelasnya.

Baca Juga: Wisawatan Domestik yang Terseret Arus di Pantai Legian Sejak 3 Hari Lalu, Ditemukan

Menurutnya kerusakan ini tidak hanya berdampak untuk hewan tapi juga untuk manusia. Mangrove lanjutnya, telah menjadi pelindung lingkungan yang sangat besar.

Ditambahkan, beberapa manfaat hutan mangrove antara lain mencegah erosi pantai, menjadi katalis tanah dari air laut, habitat perikanan, memberikan dampak ekonomi, sumber pakan ternak, mencegah pemanasan global.

Sumber pendapatan bagi nelayan pantai, menjaga kualitas air dan udara, pengembangan kawasan pariwisata, menyediakan sumber kayu nakar, pengembangan ilmu pengetahuan dan menjaga iklim dan cuaca.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah