Kenalkan Double Diamond, Domba Termahal di Dunia Berasal dari Keturunan 'Terhormat'

- 31 Agustus 2020, 07:13 WIB
Seekor domba Texel terjual dengan harga Rp7,1 miliar /Catherine Macgregor /Texel Sheep Society via Fox News
Seekor domba Texel terjual dengan harga Rp7,1 miliar /Catherine Macgregor /Texel Sheep Society via Fox News /

INDOBALINEWS – Double Diamond, seekor domba di Skotlandia tercatat dalam  World’s Guinness Book sebagai domba termahal di dunia. Bagaimana tidak, Double Diamond terjual dengan harga yang cukup fantastis yakni 490 dolar AS atau setara Rp 7,1 miliar.

Sebagaimana dilansir Indobalinews dari laman Pikiran Rakyat. Senin, 31 Agustus 2020 Double Diamond ini berasal dari garis keturunan paling terhormat di dunia domba.

Double Diamond dibesarkan melalui inseminasi buatan menggunakan domba jantan yang bernilai 86.000 dolar AS (Rp 1,2 miliar) dan domba betina dengan harga 46.000 dolar AS (Rp 668 juta).

Baca Juga: Hiu Sepanjang 9 Meter yang Terdampar di Pantai Paseban Jember akhirnya Dikuburkan

Texel adalah jenis domba yang banyak dicari yang berasal dari Belanda. Menurut masyarakat setempat, domba ini tumbuh dengan cepat dan ideal untuk tukang jagal.

Awalnya penawaran lelang untuk domba ini dimulai dengan harga 13.000 dolar AS atau Rp 188 juta. Namun, terjadi perang penawaran dengan menaikkan harga sampai tercapai kesepakatan bagi domba.

Baca Juga: Menikmati Babi Guling Slingsing yang Melegenda

"Ini seperti bisnis lainnya, pacuan kuda atau bisnis ternak. Sesekali ada sesuatu yang istimewa datang dan kemarin seekor domba Texel istimewa muncul. Semua orang menginginkan sebagian darinya," kata Jeff Aiken, salah satu pemenang lelang.

“Domba texel berasal dari Belanda dan merupakan favorit tukang jagal," tulis Texel Sheep Society di laman resminya.

Halaman:

Editor: Gede Apgandhi Pranata

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x