Bitcoin Halving 19 atau 20 April 2024: Ingat! Tak Ada yang Bisa Memprediksi Bitcoin Naik atau Turun Setelahnya

- 17 April 2024, 23:20 WIB
Ilustrasi Bitcoin Halving. Tak ada yang bisa memprediksi bitcoin akan naik atau tuyrun setelah halving.
Ilustrasi Bitcoin Halving. Tak ada yang bisa memprediksi bitcoin akan naik atau tuyrun setelah halving. /Pexel

INDOBALINEWS - Banyak analis meyakini bahwa halving tidak banyak berdampak pada harga Bitcoin.  Momentum setelah halving tidak menjamin harga Bitcoin akan mengalami kenaikan mengingat siklus yang terjadi sekitar setiap empat tahun pada kali ini berbeda dengan siklus-siklus sebelumnya.

Hal itu dikatakan oleh Interim Country Manager Luno Indonesia Aditya Wirawan bahwa tidak ada jaminan dan tidak ada yang bisa memprediksi apakah harga Bitcoin akan turun, naik atau tetap sama setelah halving.

"Mekanisme halving telah diatur dalam algoritma yang ada di jaringan Bitcoin sebagai langkah untuk mengurangi inflasi. Tidak ada jaminan dan tidak ada yang bisa memprediksi apakah harga Bitcoin akan turun, naik atau tetap sama setelah halving di bulan April ini," kata Aditya dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu 17 April 2024.

Baca Juga: Libur Lebaran, Volume Penumpang Kereta Api Cepat Whoosh Melonjak

Seperti dilansir dari laman Coinmarketcap, Bitcoin Halving pada bulan April 2024 yang merupakan Halving ke-4, diperkirakan akan jatuh pada Jumat 19 April 2024 atau Sabtu, 20 April 2024.

Peristiwa halving merupakan bagian integral dari desain Bitcoin, yang bertujuan untuk mengurangi laju masuknya Bitcoin baru ke dalam sirkulasi, sehingga mempengaruhi dinamika pasokan mata uang kripto secara keseluruhan.

Halving adalah pengurangan hadiah yang diperoleh penambang, yang berhasil menambahkan blok baru ke blockchain, menjadi setengahnya. Melansir Pintu.co.id, Halving pada dasarnya bertujuan untuk menjaga kelangkaan aset kripto seperti bitcoin. Dengan adanya halving, jumlah bitcoin baru yang masuk ke dalam sirkulasi menjadi tetap terbatas, sehingga nilainya akan terus naik.

Baca Juga: Lebaran 2024: Contraflow Dievalusi, Berikut Perbaikannya

 

Halaman:

Editor: Shira Ade

Sumber: Dari berbagai sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x