Bali dan Ceko Jajaki Potensi Kerjasama Lewat Lawatan Wagub Cok Ace

- 9 Agustus 2023, 21:49 WIB
Wakil Gubernur Bali, Prof. Tjok Oka Sukawati memenuhi undangan Duta Besar Republik Ceko untuk Republik Indonesia, YM. Jaroslav Dolecek Selasa 8 Agustus 2023.
Wakil Gubernur Bali, Prof. Tjok Oka Sukawati memenuhi undangan Duta Besar Republik Ceko untuk Republik Indonesia, YM. Jaroslav Dolecek Selasa 8 Agustus 2023. /Dok Humas Pemprov Bali

 


INDOBALINEWS - Setelah melaksanakan prosesi Mendem Dasar atau Nasarin di Dolina Charlotty, kota Slupsk, Polandia, Selasa 8 Agustus 2023 Wakil Gubernur Bali, Prof. Tjok Oka Sukawati memenuhi undangan Duta Besar Republik Ceko untuk Republik Indonesia, YM. Jaroslav Dolecek.

Dalam kesempatan tersebut, Wagub Cok Ace diterima oleh Duta Besar dan pejabat perwakilan kantor Kemenlu Republik Ceko untuk ASIA, Mr. Jiri Brodsky bertempat di kantor Kementerian Luar Negeri Republik Ceko.

Dalam kesempatan yang juga dihadiri oleh Koordinator bidang Ekonomi Kedutaan Besar Republik Indonesia di Praha Ernawati, pertemuan tersebut membicarakan potensi kerjasama yang bisa dilakukan antara Pemerintah Provinsi Bali, Indonesia dengan Pemerintah Republik Ceko, antara lain di bidang pendidikan, seni, budaya dan pariwisata.

Baca Juga: Identitas Penumpang Kapal yang Loncat ke Laut Sudah Diketahui

Sebagai Guru Besar di bidang arsitektur, Wagub Cok Ace menyampaikan bahwa kota Praha bisa dijadikan sebagai referensi untuk mahasiswa teknik arsitektur yang ingin belajar mengenai struktur bangunan kuno dan bersejarah yang ada di sana. Pemerintah dari kedua pihak bisa melakukan pertukaran mahasiswa (darmasiswa) atau pemberian beasiswa kepada anak-anak muda.

Duta Besar Republik Ceko untuk Republik Indonesia, YM. Jaroslav Dolecek mengatakan sangat menghargai kunjungan Wakil Gubernur karena akan membantu untuk membuka pintu komunikasi dan kerjasama yang lebih baik antara Pemerintah Provinsi Bali dan Pemerintah Republik Ceko.

Baca Juga: 3 Alasan Ini Buat Pembeli Semakin Nyaman Berbelanja di Shopee Live, Makin Cuan untuk UMKM!

Sebelum kunjungan ke kantor Kementerian Luar Negeri, pada momentum yang sama Wakil Gubernur juga diundang oleh Duta Besar Republik Indonesia untuk Republik Ceko Kenssy Ekaningsih, untuk bertemu dengan komunitas masyarakat Bali dan pengusaha pariwisata yang ada di Praha dan sekitarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Wagub Cok Ace yang juga sebagai Guru Besar ISI Denpasar ini menyampaikan kepada saudara-saudara Bali yang tinggal dan bekerja di Praha agar selalu menjaga nama baik Bali, jangan sampai melupakan akar budaya sebagai orang Bali dan tentu mematuhi peraturan yang berlaku di Ceko.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x