Lawatan ke Polandia, Cok Ace Sambangi Pekerja Migran Asal Bali

- 7 Agustus 2023, 08:17 WIB
Cok Ace bersama pekerja migran asli Bali saat melawat ke Polandia Sabtu 5 Agustus 2023.
Cok Ace bersama pekerja migran asli Bali saat melawat ke Polandia Sabtu 5 Agustus 2023. /Dok Humas Pemprov Bali

INDOBALINEWS – Dalam lawatannya ke Polandia, Wakil Gubernur Bali, Tjok. Oka Sukawati tidak hanya bertemu dengan pemerintah Provinsi Pomerania terkait misi promosi pariwisata Bali namun juga berkesempatan menyambangi warga Bali yang bekerja sebagai Pekerja Migran Indonesia (PMI) pada Sabtu 5 Agustus 2023.

Wagub Cok Ace didampingi oleh Dubes RI untuk Polandia Anita Lidya Luhulima bertemu dengan lima orang pekerja Spa/Terapis asal Bali. Mereka bekerja sebagai terapis di Bali Hai Spa Dolina Charlotty di daerah Gdansk, Polandia. Sementara asal kelimanya beragam yaitu Klungkung, Buleleng hingga Tabanan.

Disambangi oleh orang nomor 2 di Bali, para pekerja migran asal Bali tersebut tak ayal menuturkan keluh kesahnya. Mulai dari rasa kangen dengan keluarga dan tanah kelahiran hingga kendala administrasi yang harus dilakukan seperti perpanjangan paspor dan lainnya.

Baca Juga: Lolos Semifinalis di Jerman, Atlet Panahan Arif Dwi Pangestu Pegang Tiket Berlaga di Olimpiade Paris

Sementara itu, mereka juga meminta agar dilakukan pendataan terhadap PMI khususnya yang bekerja sebagai terapis Spa sehingga ketika terdapat permasalahan dapat segera ditindaklanjuti oleh Pemerintah Kabupaten/Kota maupun Pemerintah Provinsi.

Disamping pekerja spa/terapis, Wakil Gubernur Bali juga menemui pekerja bangunan asli Bali yang sedang bekerja membuat Gapura Bangunan Arsitektur Bali. Wagub Cok Ace berpesan kepada PMI Bali agar selalu ingat akan jati diri masyarakat Bali.

Baca Juga: Berurai Air Mata, Klarifikasi Nikita Mirzani Akui Menyesal Tidak dari Dulu Gandeng Shopee Live Biar Makin Cuan

“Harus dapat membawa konsep-konsep yang diwariskan oleh para leluhur dalam bekerja. Selain itu agar dalam bekerja juga harus seimbang dan sinkron antara perkataan, perbuatan dan pikiran sehingga akan selaras dalam bekerja,” ungkap Cok Ace.

Sementara itu, Cok Ace juga meminta agar PMI dapat lebih memahami aturan ketenagakerjaan Indonesia dan terdaftar di Dinas Ketenagakerjaan Provinsi Bali sehingga apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan pemerintah dapat membantu mencarikan solusi terbaik.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x