Pemanasan Global Sebabkan Angin Kencang dan Hujan Lebat yang Lebih Sering dan Parah di Inggris dan Irlandia

- 8 Mei 2024, 20:26 WIB
Ilustrasi hujan lebat.
Ilustrasi hujan lebat. /Pixabay.com/adege

 

 

INDOBALINEWS – Penelitian terbaru mengungkap pemanasan global menyebabkan cuaca ekstrem di Inggris dan Irlandia. Adapun, cuaca ini ditandai dengan angin kencang dan hujan lebat.

Cuaca ekstrem ini akan menjadi lebih sering dan parah. Hal ini bisa menimbulkan tantangan baru bagi infrastruktur dan tanggapan darurat.

Mengutip earth.com, Rabu 8 Mei 2024, peneliti dari Newcastle University mendokumentasikan perubahan signifikan melalui simulasi iklim yang mencakup periode historis (1981-2000) hingga skenario masa depan yang diproyeksikan (2060-2081).

Baca Juga: Info Haji 2024: Garuda Siapkan 14 Pesawat Berbadan Lebar Boeing dan Aribus untuk Jamaah Haji 

Temuan ini menunjukkan peningkatan yang sangat besar dalam keparahan peristiwa cuaca ekstrem seiring dengan terus naiknya suhu global. Kenaikan ini terutama karena peningkatan curah hujan, yang merupakan respons langsung terhadap pemanasan global. 

Selain itu, perubahan dalam aliran jet, yang bergerak ke arah selatan, diharapkan akan mengarahkan badai melalui wilayah yang lebih hangat, yang akan semakin memperkuat curah hujan.

Lebih lanjut, diperkirakan Inggris dan Irlandia akan menghadapi angin kencang yang lebih sering dan hujan ekstrem yang lebih parah, meningkatkan risiko banjir besar.

Halaman:

Editor: Ronatal Siahaan

Sumber: earth.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah