Waspada! 27 Daerah Berpotensi Diterjang Hujan Lebat Petir dan Angin Kencang

- 3 Maret 2024, 14:15 WIB
Ilustrasi Hujan. BMKG keluarkan imbauan kewaspadaan 27 daerah di Indonesia berpotensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang.
Ilustrasi Hujan. BMKG keluarkan imbauan kewaspadaan 27 daerah di Indonesia berpotensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang. /Pixabay/

INDOBALINEWS - Saat ini di sebagian besar wilayah Indonesia tengah mengalami musik pancaroba. 

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto mengungkapkan bahwa masyarakat harus mengantisipasinya dengan upaya kesiapsiagaan cuaca ekstrem yang berpotensi menimbulkan bencana hidro-meteorologi mesti ditingkatkan di sebagian besar wilayah Indonesia.

Menurut dia, berdasarkan hasil analisa cuaca yang dilakukan tim diketahui setidaknya hingga 8 Maret 2024 curah hujan tinggi rata-rata berkisar 150 mm – 300 mm dan bahkan berpotensi lebih dari itu. 

Dan BMKG mengimbau kewaspadaan untuk 27 daerah berstatus waspada dampak hujan di Indonesia.

Baca Juga: Modus Menyamar Jadi Polisi, Mobil Boks Muat Rokok Senilai 3,1 Miliar Dirampok

Sebagian besar daerah di Indonesia berpotensi diguyur hujan lebat yang disertai dengan petir dan angin kencang, bahkan 27 daerah di antaranya ditetapkan berstatus waspada oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Laman resmi BMKG, Minggu 3 Maret 2024 menyatakan sebanyak 27 daerah berstatus waspada itu meliputi Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Bengkulu, Lampung, Kepulauan Riau, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Banten.

Selanjutnya Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, dan Papua.

Baca Juga: Dana BOS Belum Maksimal Sejahterakan Guru, P2G Minta Program Makan Gratis Tak Gunakan BOS

Halaman:

Editor: Shira Ade

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x