Pilpres Amerika Serikat, Joe Biden PD Yakin Menang

- 5 November 2020, 11:23 WIB
Dua kandidat Presiden AS, Donald Trump (kiri) dan Joe Biden (kanan) menanti hasil tabulasi suara Pilpres
Dua kandidat Presiden AS, Donald Trump (kiri) dan Joe Biden (kanan) menanti hasil tabulasi suara Pilpres /kartika mahayadnya/bandungraya-pikiran rakyat

INDOBALINEWS -Tak beda jauh dengan kisah-kisah pemilihan presiden (Pilpres) di segala pelosok dunia, pun begitu di Pilpres Amerika Serikat yang diwarnai dengan aksi saling klaim kemenangan dan tuntutan penghitungan ulang.

Pada Pilpres AS yang bakal segera usai dengan munculnya pemimpin baru negara adi daya itu, masing-masing kandidat pun saling bermanuver untuk melegitimasi penerimaan rakyatnya dalam pemilihan suara.

Baca Juga: Liga Champions, Juventus Pukul Telak Ferencravos 4-1

Sang penantang petahana, Joe Biden dari Partai Demokrat pada Rabu 4 November 2020 waktu setempat seperti yang dikutip indobalinews.com dari antaranews.com dari Reuters,  pun mengklaim tengah selangkah lagi menuju kursi presiden.

Hal itu dikatakannya setelah melihat catatan bahwa kubunya unggul di dua negara bagian penting di kawasan Midwestern, yaitu Wisconsin dan Michigan. Dikatakannya dirinya sedang mengarah pada kemenangan atas Presiden Donald Trump dalam pemilihan Amerika Serikat.

Baca Juga: Sudah 11.979 Orang Positif Covid-19 di Bali Hingga 4 November 2020

"Saya di sini bukan untuk menyatakan bahwa kami telah menang. Tapi saya di sini untuk melaporkan bahwa ketika penghitungan selesai, kami yakin akan menjadi pemenang," ujar Biden di negara bagian tempatnya berasal, Delaware. Ia muncul bersama pasangannya, calon wakil presiden Kamala Harris.

Lebih lanjut dikatakanya, sekarang setelah malam penghitungan yang panjang, jelas bahwa pihaknya memenangi cukup banyak negara bagian untuk mencapai 270 suara elektoral yang dibutuhkan untuk memenangi kursi kepresidenan.

Baca Juga: BI Bali Dorong Pemuda Bertranformasi Digital, Bertahan Lewati Masa Pandemi

Halaman:

Editor: Shira Ade

Sumber: Reuters Antaranews.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x