BI Bali Dorong Pemuda Bertranformasi Digital, Bertahan Lewati Masa Pandemi

- 5 November 2020, 10:42 WIB
Web Seminar bertajuk Pemuda Pemudi Digital Bekerja Berkarya Digital Bali Bangkit yang digelar OVO dan BI Bali, yang digelar secara daring Rabu 4 November 2020
Web Seminar bertajuk Pemuda Pemudi Digital Bekerja Berkarya Digital Bali Bangkit yang digelar OVO dan BI Bali, yang digelar secara daring Rabu 4 November 2020 /Dok BI Bali

INDOBALINEWS - Transformasi digital menjadi cara bertahan melalui masa pandemi Covid-19 dan digitalisasi menjadi suatu kebutuhan bagi UMKM. Para entrepreuners yang akan bertahan adalah mereka yang semakin meningkatkan penggunaan digitalisasi dalam bisnisnya.

Demikian dikatakan oleh Kepada Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Bali Trisno Nugroho dalam Web Seminar bertajuk Pemuda Pemudi Digital Bekerja Berkarya Digital Bali Bangkit yang digelar OVO dan BI Bali, yang digelar secara daring Rabu 4 November 2020.

Baca Juga: Di Masa Pandemi Transaksi Non-Tunai di Pertamina Jatimbalinus Naik 269%

“Penelitian dari Sea Insights menunjukkan bahwa pendapatan rata-rata UMKM di Indonesia yang mengadopsi e-commerce meningkat lebih dari 160% dengan peningkatan produktivitas mencapai 110%. Dimana pada masa pandemi ini, 45% pelaku usaha muda berjualan lebih aktif di platform e-commerce dan 1 dari 5 adalah pengguna baru e-commerce serta lebih dari 60% mengatakan bahwa  mereka akan secara permanen meningkatkan penggunaan platform digital dalam bisnisnya,” ujar Trisno Nugroho seperti yang dikutip oleh indobalinews.com.

Baca Juga: BI Pertahankan Suku Bunga Acuan 4.00% di Oktober 2020

Ditambahkannya bahwa penggunaan platform digital oleh pelaku usaha dan masyarakat pengguna di tengah pandemi membantu ekonomi tetap berputar serta membantu percepatan transformasi ekonomi dan keuangan digital Indonesia. Hal ini juga sejalan dengan program pemerintah dalam membantu UMKM melewati pandemi Covid-19 melalui program bangga buatan indonesia serta edukasi on-boarding UMKM agar mampu mengoptimalkan penggunaan digitalisasi.

Baca Juga: Pasar Gotong Royong BI Bali Tingkatkan Penyerapan Produk Lokal

“Saya menyambut baik pelaksanaan webinar hari ini dengan tema “Pemuda Pemudi Digital Bekerja Berkarya Digital Bali Bangkit”. Sejalan dengan peringatan hari sumpah pemuda ke-92 tahun yang jatuh pada tanggal 28 Oktober 2020, tema ini sangat relevan dengan kondisi ekonomi saat ini dimana pemuda pemudi sebagai motor penggerak kebangkitan ekonomi harus bersatu dan bangkit agar mampu beradaptasi dengan tatanan hidup baru serta mampu menciptakan inovasi-inovasi khususnya yang berbasis digital,” imbuhnya.

Baca Juga: Love Bali, 4.400 'Turis Domestik' Jadi Saksi Bali Siap Pariwisata Era Baru

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x