Trump Dikhawatirkan Tebar Kekacauan Dengan China Sebelum Akhiri Jabatannya

- 11 November 2020, 09:19 WIB
Xi Jinping, Donald Trump dan Joe Biden
Xi Jinping, Donald Trump dan Joe Biden /SMCP

INDOBALINEWS - Hasil pemilu di AS sudah jelas bahwa Joe Biden memenangkan pertarungan posisi Presiden AS yang dibuktikan beberapa hari lalu.

Namun tampaknya Presiden AS menjabat saat ini, Donald Trump, masih belum bisa menerima kenyataan kalau dalam 2 bulan kedepan dia harus meninggalkan kantor kepresidenan, termasuk menanggalkan jabatannya sebagai Presiden AS.

Hal ini dikhawatirkan para pengamat ahli dalam bidang politik di China yang diunggah di media lokal China, yang membuat prediksi bahwa Trump akan membuat kekacauan dengan China di masa akhir jabatannya.

Baca Juga: Pilpres AS, Seorang Guru Ingin Putrinya yang Lahir Saat Trump Terpilih Jadi Saksi Trump Turun Tahta

Namun berbagai ulasan yang diunggah media lokal di China, tentang pemilihan di AS sebagian telah diredam oleh pemerintah, khususnya analisa bahwa pemerintahan Trump akan menabur kekacauan sebelum meninggalkan kantornya.

Ini dilakukan agar tidak menjadi salah persepsi dan dianggap menjadi sikap atau pandangan pemerintah China kepada AS.

Beijing tidak ingin memberikan kesan bahwa mereka mendukung atau menentang salah satu kandidat,  di tengah kekhawatiran di  AS adanya campur tangan pemilu oleh negara-negara asing termasuk China.

Baca Juga: Pilpres AS Joe Biden Menang, Diprediksi Rupiah Menguat Lagi

Sedangkan media pemerintah dan analis, diberi lebih banyak kelonggaran dalam melaporkan dan mengomentari bentrokan antara pendukung Trump dan Biden yang memprotes dan naiknya bisnis ketika ketakutan akan kerusuhan menyebar.

Halaman:

Editor: Rudolf

Sumber: SMCP


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x