Prosesi Nedunang Ida Bhatara Serangkaian IBTK di Pura Agung Besakih

- 22 Maret 2024, 16:30 WIB
Prosesi Nedunang Ida Bhatara Serangkaian IBTK di Pura Agung Besakih dihadiri oleh Pj Gubernur Bali.
Prosesi Nedunang Ida Bhatara Serangkaian IBTK di Pura Agung Besakih dihadiri oleh Pj Gubernur Bali. /Dok Humas Pemprov Bali

INDOBALINEWS – Di tengah guyuran hujan yang cukup lebat, tak menyurutkan niat Penjabat (Pj.) Gubernur Bali, S. M. Mahendra Jaya untuk mengikuti prosesi Nedunang Ida Bhatara dan Nuur Tirta.

Bahkan Mundut Pralingga Ida Bhatara dari Bale Pesimpenan Agung menuju Padma Tiga untuk selanjutnya distanakan di Bale Pesamuan Agung Penataran Agung Besakih, dalam rangkaian Karya Ida Bhatara Turun Kabeh (IBTK) di Pura Agung Besakih, Rendang, Karangasem, Kamis 21 Maret 2024.

Pj. Gubernur Bali yang  saat itu turut didampingi drg. Ida Mahendra Jaya, Sekda Provinsi Bali Dewa Made Indra beserta Widiasmini Indra, dan pasukan lengkap seluruh Pimpinan Perangkat Daerah di lingkup Pemprov Bali mengawali rangkaian prosesi dengan persembahyangan di Pelinggih Ida Bhatara Lingsir.

Baca Juga: Viral di Medsos, Pemukulan Pengendara Motor di Denpasar, Endingnya Begini

Acara tampak disaksikan pula oleh Ida Rsi Agung Wayadya Suprabu Sogata Karang Grya Bang Kawiswara Kangin, Bungkulan, Buleleng serta Raja Puri Agung Klungkung Ida Dalem Semara Putra.

Prosesi Nedunang Ida Bhatara yang dipuput oleh Ida Sri Bhagawan Putra Natha Nawa Wangsa Pemayun, merupakan salah satu rangkaian Upacara IBTK Pura Agung Besakih yang puncaknya akan dilaksanakan bertepatan dengan Purnama Kadasa, Minggu 24 Maret 2024.

Menurut Ketua III IBTK 2024, Nyoman Artana rangkaian IBTK selanjutnya yakni upacara melasti ke Tegal Suci pada Jumat 22 Maret 2024 dilanjutkan Sabtu 23 Maret 2024 akan digelar prosesi Mapepada dan Memben.

Baca Juga: BBTF ke 10 Digelar Juni 2024 Targetkan 400 Buyer dari 51 Negara

"Karya IBTK di Pura Agung Besakih dilaksanakan nyejer selama 24 hari, hingga Nyineb nanti pada tanggal 14 April depan. Ini dilakukan untuk memberikan kesempatan bagi pemedek yang berkeinginan tangkil ngaturang bakti, sehingga bisa menyesuaikan dengan waktu luang yang dimiliki," ujarnya.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x