Memaknai Upacara Metatah Massal, Bentuk Implementasi Gotong Royong

- 26 November 2023, 07:08 WIB
Walikota Denpasar, I.G.N Jaya Negara saat ngayah nyangging pada Pewintenan dan Metatah Massal PHDI di Pura Agung Loka Natha Sabtu 25 November 2023.
Walikota Denpasar, I.G.N Jaya Negara saat ngayah nyangging pada Pewintenan dan Metatah Massal PHDI di Pura Agung Loka Natha Sabtu 25 November 2023. /Dok Pemkot Denpasar


INDOBALINEWS - Sebanyak 204 orang mengikuti upacara Metatah Massal yang digelar oleh Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) di Pura Agung Loka Natha, Kecamatan Denpasar Utara, pada Sabtu 25 November 2023.

Serangkaian acara yang dihadiri oleh Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara tersebut digelar juga karya Menek Kelih, Pewintenan Saraswati, dan Sapu Leger yang diikuti oleh 212 orang.

Dalam kesempatan itu Jaya Negara mengatakan, Metatah merupakan prosesi upacara yang memiliki arti untuk memanusiakan manusia sesuai dengan hakikatnya, serta memelihara hubungan yang harmonis antara umat manusia dengan sang pencipta.

"Sebagai manusia kita semua tidak terlepas dari siklus hidup mulai dari kandungan, hingga beranjak mamasuki usia dewasa, serta astungkara membawa kebijaksanaan sesuai dengan kodrat sebagai manusia, demikian yang mendasari makna dari prosesi Metatah," ungkap Jaya Negara.

Baca Juga: Liga Italia: Juventus vs Inter Milan, Maaf Allegri, Urusan Duel Derby d Italia, Inzaghi Lebih Jago

Sementara itu, Ketua PHDI Kota Denpasar, I Made Arka menyampaikan, pelaksanaan upacara ini secara bersama-sama dimaknai sebagai upaya menghapus stigma upacara dan Yadnya di Bali ini menelan biaya yang besar dan cenderung menjadi beban.

"Penyelenggaraan upacara ini, merupakan wujud implementasi jiwa gotong royong dan kebersamaan sebagai budaya yang sejak lama tertanam dalam masyarakat di Bali yang dikenal sebagai spirit Vasudhaiva Kutumbakam, sehingga para peserta hanya perlu berpunia semampunya tanpa ada batasan besaran yang harus diberikan," ujar I Made Arka.

Upacara Potong gigi yang dalam bahasa bali sering pula disebut mepandes, mesangih atau metatah merupakan ritual keagamaan yang harus dilaksanakan oleh semua umat Hindu di Bali.

Baca Juga: Liga 1: Bhayangkara FC vs Persija Jakarta, Debut 'Lawan Polisi' Gustavo Almeida Siapakan Selebrasi Sajete

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x