Makna Upacara Melaspas di Pura Pasek Wangaya Jaga Keseimbangan Alam Beserta Isinya

- 4 Februari 2024, 08:30 WIB
Wali Kota Denpasar IGN Jaya Negara hadiri Upacara Melaspan dan Rsi Gana di Pura Pasek Wayanga Denpasar Utara Sabtu 3 Februari 2024.
Wali Kota Denpasar IGN Jaya Negara hadiri Upacara Melaspan dan Rsi Gana di Pura Pasek Wayanga Denpasar Utara Sabtu 3 Februari 2024. /Dok Humas Pemkot Denpasar


INDOBALINEWS - Wali Kota Denpasar IGN Jaya Negara hadiri Upacara Melaspan dan Rsi Gana di Pura Pasek Wayanga Denpasar Utara. Acara yang bertepatan pada Tumpek Wariga ini, juga dihadiri Kepala Badan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Kota Denpasar, I.B Alit Surya Antara dan Camat Denpasar Utara I Wayan Yusswara, Sabtu 3 Februari 2024.

Acara mampak berjalan hikmat dengan diiringi suara gambelan dan kidung serta, Tarian Topeng Sidakarya

Manggala Karya sekaligus Sekretaris Pura Pasek Wangaya Gede Yudarta mengatakan, upacara ini adalah untuk menjaga kesimbangan alam semesta beserta isinya.

Baca Juga: Liga 1: Persebaya Surabaya vs Bhayangkara FC, Selamatkan Wajah Polisi, Mario Gomez Tegaskan Wajib Tiga Poin

Hal ini juga untuk menetralisir aura negatif yang mengganggu kehidupan manusia, khususnya bagi pengempon di Pura Pasek Wangaya ini. Sehingga dapat mewujudkan kehidupan yang aman damai gemah ripah loh jinawi. Karya ini juga sebagai wujud syukur kepada sang pencipta atas anugrah yang diberikan.

Lebih lanjut Yudarta menjelaskan pembangunan Palinggih Ibu Pasek merupakan bantuan dari Pemerintah Kota Denpasar sebesar Rp 200 juta. Selain itu juga ada swadaya dari pengempon Pura dengan terkumpul sebanyak Rp 150 juta.

"Dengan bantuan dan swadaya masyarakat sehingga Pelinggih Ibu Pura Pasek Wangaya bisa direnovasi dan sekarang dilaksanakan Upacara Melaspas dan pi puput oleh Ida Pedande Gerya Mas Balun ," ungkap Yudarta

Baca Juga: Tak Punya HP untuk Kerja Jadi Admin Medsos Catering, Maman Nekat Curi HP

Tambah Yudarta, untuk Pura Pasek Wangaya diempun sebanyak 111 kk terdiri dari warga Banjar Kali Unggu, Kayumas dan Banjar Ambengan.

Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara menyambut baik pelaksanaan karya ini. Hal ini merupakan momentum bagi seluruh masyarakat, khususnya pengepon Pura Pasek Wangaya.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x