Mendaki Gunung, Siapkan Hal Hal Ini

- 16 Agustus 2021, 13:17 WIB


INDOBALINEWS- Merayakan Hari Kemerdekaan RI atau HUT RI di puncak gunung memiliki kesan heroik tersendiri. Setelah berlelah-lelah mendaki gunung dan mencapai puncaknya tentu rasa puas dan bahagia menerpa bercampur dengan semangat patriotisme.

Biasanya suasana beda merayakan HUT RI di puncak gunung ini disukai anak muda. Mendekati 17 Agustus, para remaja ini berlomba lomba agar dapat mengibarkan bendera merah putih di puncak gunung di daerah mereka masing masing.

Selain untuk mengibarkan bendera merah putih gunung menjadi salah satu tempat pelarian kita dari kebisingan kota. Agar aman sampai tujuan tak tersesat dan kembali lagi turun gunung setelah merayakan Hari Kemerdekaan, ada sejumlah persiapan dan teknis pendakian yang harus dipatuhi.

Baca Juga: Saat Youtuber Atta Halilintar Bertemu Sandiaga Uno Bahas 'This is Indonesia'

Seperti yang dilansir dari Cozmeed.com dan beberapa sumber, berikut persiapan yang harus dilakukan sebelum melakukan pendakian agar kita terhindar dari hal yang tidak diinginkan: 

1. Persiapkan kondisi badan
Jalur pendakian tentunya sangatlah menguras tenaga, jalur yang menanjak dan menurun serta panjang dapat membuat tubuh dan mental anda akan lemah, maka persiapkan mental, fisik dan keyakinan mu sebelum mendaki gunung.

2. Makan dulu dengan asupan bergizi
Sebelum melakukan pendakian ada baiknya untuk mengisi perut dengan makanan yang memiliki kandungan energi yang banyak agar dapat menompang perjalanan mu supaya tidak mudah lelah dan lemah dan juga untuk mencegah hipotermia (kondisi suhu tubuh menurun drastis) karena jika perut kosong dan terkena udara dingin maka itulah penyebab dari Hipotermia).

Baca Juga: Sidang Tahunan MPR: Ridwal Kamil Apresiasi Presiden Jokowi yang Pakai Busana Adat Sunda

3. Membawa makanan dan minuman secukupnya
Bawalah makanan dan minuman yang cukup saat melakukan perjalanan ke sebuah gunung, seperti roti, coklat, madu, air, energy drink, dll. Manajemen barang bawaan anda estimasikan waktu pendakian agar tidak berlebihan membawa makanan dan minuman supaya anda tidak semakin terbebani dengan barang bawaan.

4. Persiapkan barang pribadi dan kelompokHal yang harus pertama kali dilihat adalah karakteristik gunung yang akan anda daki, persiapkan seluruh barang anda seperti jaket gunung, tas gunung, senter, dan yang paling penting membawa P3K demi keamanan dan antisipasi jika hal buruk terjadi. Selain itu juga bagi barang pribadi dan barang kelompok, barang kelompok seperti tenda untuk kita kemah jika karakter gunung tersebut memiliki lahan untuk kemah.

Halaman:

Editor: Shira Ade

Sumber: Dari berbagai sumber, PRMN, VIU


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x