Al-Quran Kuno Berusia 363 Tahun, Ini Keajaiban Senjata yang Menyertainya  

- 13 April 2021, 05:58 WIB
Al-Quran berusia 363 tahun yang kini dimiliki warga Majalengka, Jawa Barat.
Al-Quran berusia 363 tahun yang kini dimiliki warga Majalengka, Jawa Barat. /Pikiran Rakyat/Tati/

 

INDOBALINEWS – Sebuah kitab Al-Quran kuno yang disimpan Ridwanuddin, warga Majalengka, pernah dibawa ke Madura. Tapi naas, perahu yang ditumpangi oleng dan karam dengan seluruh barang bawaan. Anehnya, rombongan yang selamat mendapati kitab tersebut sudah berada di rumah.

Kisah tersebut meruoajan salah satu keajaiban dari Al-Quran berusia 363 tahun yang kini tersimpan di rumah Ridwanuddin di Blok Pasantren, Desa Pageraji, Kecamatan Maja, Kabupaten Majalengka. Kitab yang ditulis tangan di atas kulit kayu itu hanya dibuka setahun sekali saat haul di makam Pageraji.

Usia kitab 363 tahun mengacu kepada tulisan yang tertera pada halaman pertama yakni tahun 1658, nama penulis KH TB Lathifoedin, dan nama tempat Pageraji, Maja, Madjalengka.

Baca Juga: Soal Perbedaan Jadwal Imsak Puasa Ramadan, Begini Cara Menyikapinya

Baca Juga: Catat, Ini Panduan Ibadah Ramadan dan Idul Fitri di Masa Pandemi 

Kitab ini dijilid dengan bahan kulit hewan berwarna cokelat, berdimensi panjang 35,5 cm; lebar 24 cm, ketebalan isi enam centimeter dan ketebalan isi plus jilid menjadi tujuh centimeter.

Ridwanuddin mengatakan belum pernah menghitung berapa lembar isinya karena takut merusak halaman kitab tersebut.

Beberapa lembar memng sudah rapuh, di beberapa ujung robek, tapi ketika diperang seratnya masih kuat dan ayat demi ayat masih terbaca, tetapi di bagian terjemahan tampak kusam dan sebagian kusut bekas terlipat-lipat.

Halaman:

Editor: M. Jagaddhita

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x