KM Bandar Nelayan 188 Tenggelam di Samudera Hindia, Otoritas Australia Bantu Selamatkan 26 ABK Indonesia

- 15 Mei 2021, 20:51 WIB
Ilustrasi Kapal tenggelam
Ilustrasi Kapal tenggelam /Antara /

INDOBALINEWS - Sebanyak 26 Anak Buah Kapal (ABK) asal Indonesia yang menjadi awak kapal tenggelam di Samudera Hindia pada Sabtu 15 Mei 2021 masih dicari keberadaannya oleh Kemlu dan otoritas Australia.

Otoritas Australia telah mengerahkan pesawat untuk mencari lokasi kapal. Berdasarkan pantauan, kapal berada dalam posisi setengah tenggelam.

Sementara berdasarkan informasi awal Kementerian Luar Negeri (Kemlu) yang diterima dari Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS), kapal yang diawaki 26 warga negara Indonesia (WNI) itu mengalami kebocoran.

Baca Juga: Perahu Wisatawan Tenggelam di Waduk Kedung Ombo Boyolali, 11 Selamat 9 Masih Hilang

Sesaat setelah diketahui kejadian itu Kemlu segera berkoordinasi dengan KJRI Perth yang kemudian secara intensif berkomunikasi dengan otoritas Australia guna mengupayakan penyelamatan para awak kapal.

“Kemlu dan perwakilan RI di Australia akan terus berkoordinasi dan berkomunikasi intensif dengan otoritas Australia guna melanjutkan upaya penyelamatan 26 ABK WNI kapal KM Bandar Nelayan 188,” demikian keterangan Kemlu seperti dilansir dari laman resmi Kemlu.go.id, Sabtu 15 Mei 2021.

Baca Juga: Birgaldo Sinaga Meninggal Covid-19, Netizen: Terimakasih Telah Berikan Motivasi Melawan Intoleran

Sebelumnya kapal penangkap ikan KM Bandar Nelayan 188 dilaporkan mengalami kecelakaan di Samudera Hindia, sekitar 650 mil laut sebelah barat Perth, Australia.

 

Halaman:

Editor: Shira Ade

Sumber: kemlu.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x