Terbakar di Perairan Maluku Utara, Tim SAR Evakuasi 200 Penumpang KM Karya Indah

- 29 Mei 2021, 17:41 WIB
KM Karya Indah yang terbakar Sabtu 29 Mei 2021 pagi ini.
KM Karya Indah yang terbakar Sabtu 29 Mei 2021 pagi ini. /- Foto : tangkapan layar Twitter @dylansabalaka/

INDOBALINEWS - Tim SAR mengevakuasi 200 penumpang KM Karya Indah yang terbakar dalam perjalanan dari Pelabuhan Ternate menuju Pelabuhan Sanana Provinsi Maluku Utara, Sabtu 29 Mei 2021.

200 penumpang dan kru kapal KM Karya Indah berhasil dievakuasi ke Pelabuhan Sanana dengan menggunakan Kapal KM Fungka Permata.

Kepala Basarnas Ternate Muhamad Arafah mengungkapkan, tim di lapangan telah mendata seluruh penumpang yang telah berhasil dievakuasi dari awal dari dan dievakuasi oleh Kapal KM Fungka Permata Personal.

Baca Juga: Jabat Komisaris PT Telkom Indonesia, Publik Soroti Kompetensi Abdee Slank

Berdasar data jumlah penumpang saat ini terus dilakukan pendataan baik yang dievakuasi menggunakan Kapal KM Fungka Permata, Basarnas, atau pun yang menggunakan Speedboat milik Pol Airud.

Posko gabungan telah didirikan untuk mengevakuasi seluruh penumpang yang berhasil diselamatkan dari Kapal KM Karya Indah.

Dijelaskan, untuk jumlah penumpang saat ini masih dilakukan pendataan baik yang dievakuasi.

Baca Juga: Ayu Ting Ting Rasakan Kesepian Belum Punya Pendamping Hidup

"Semua didata kembali untuk data valid terkait kapal KM Karya Indah yang mengalami kebakaran," Arafah dalam keterangannya.

Dikutip pikiran-rakyat.com, Humas Basarnas Ternate Ichsan menambahkan hingga saat ini tidak ada korban meninggal dari hasil pendataan sementara.

Dia memastikan semua penumpang dipastikan sudah keluar dari kapal pada saat peristiwa kebakaran itu berlangsung.

Baca Juga: Kiwil Kirim Puisi untuk Sang Putri yang Sedih Lantaran Dibully Teman Temannya

Mengenai penyebab kebakaran kapal KM Karya Indah saat ini masih dilakukan investing namun kebakaran diduga berasal dari dapur.

"Infonya berasal dari dapur. Api berasal dari dapur," ungkapnya.

Sebelumnya, Kepala KSOP Kelas II Ternate, Affan Tabona mengungkapkan saat ini proses evakuasi terhadap 14 Anak Buah Kapal (ABK) dan 181 penumpang kapal telah selesai dilakukan dan seluruhnya dalam kondisi selamat.

Baca Juga: WN Rusia di Bali Pesan Narkoba 194,42 gram DMT dari Ukraina

"Belum diketahui penyebab terbakarnya kapal tersebut, kami fokus terhadap proses evakuasi para penumpang dan awak kapal," ungkapnya.

KM Karya Indah merupakan kapal penumpang berukuran GT.1148 dengan kapasitas 300 orang. Pada saat kejadian, kapal sedang membawa 14 orang ABK dan 181 orang penumpang terdiri dari 155 orang dewasa, 22 anak dan 4 lansia.*** (Amir Faisol)

Editor: R. Aulia

Sumber: Pikiran-Rakyat.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah