Pembatalan Jemaah Haji 2021 Bukan karena soal Hubungan RI dan Arab Saudi, Ini Penjelasan Duta Besar

- 9 Juni 2021, 11:58 WIB
Umat muslim berjalan dekat Kabah di Masjidil Haram saat ibadah Haji, di tengah pandemi virus corona (Covid-19), di Makkah, Arab Saudi.
Umat muslim berjalan dekat Kabah di Masjidil Haram saat ibadah Haji, di tengah pandemi virus corona (Covid-19), di Makkah, Arab Saudi. //ANTARA FOTO/Saudi Ministry of Media/Handout via REUTERS./

INDOBALINEWS – Pascakebijakan pemerintah tidak memberangkatkan jemaah haji 2021 tersebar narasi seolah-olah karena hubungan Indonesia dan Arab Saudi sedang terganggu.

Meskipun berbagai pihak telah menjelaskan, bahkan Kepala Badan Pengelola Keuangan Haji Anggito Abimanyu merinci perihal dana haji aman dan baik-baik saja, toh tudingan soal hubungan bilateral masih saja marak.

Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Syekh Essam bin Abed Al-Thaqafi pun mengklarifikasi jika pembatalan haji bagi warga Indonesia dilakukan bukan karena masalah hubungan negara dan juga vaksin Covid-19.

Baca Juga: Anggito Abimanyu Tepis Rumor soal Keuangan Haji, Dana Kelolaan Tumbuh 15 Persen Lebih

"Masalah pembatalan keberangkatan jemaah haji Indonesia tidak ada kaitannya dengan hubungan baik yang sudah terjalin antara Saudi dan Indonesia," ujar Al-Thaqafi melalui siaran pers MUI, dikutip dari  laman RRI, Rabu 9 Juni 2021.

Bahkan belakangan ini sempat muncul kekhawatiran karena Arab Saudi hanya memperbolehkan negara pemakai vaksin tertentu, dan di dalamnya tak termasuk Sinovac.

"Tidak ada pula hubungannya dengan penggunaan merek vaksin tertentu dan produsen tertentu seperti yang selama ini berkembang di media," tutur Al-Thaqafi.

Selain itu, Abed Al-Thaqafi juga menjelaskan jika pihak pemerintah Arab Saudi sendiri hingga sampai saat ini belum mengumumkan detail penyelenggaraan haji 2021. Bahkan undangan penyelenggaraan haji ke negara mana pun, tidak hanya Indonesia.

Baca Juga: Arab Saudi Belum Umumkan Kuota Jemaah Haji, Tapi Berikan Izin Masuk Wisatawan dari 11 Negara Ini

Halaman:

Editor: M. Jagaddhita

Sumber: RRI


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x