Jokowi Mengajak Pulang Para Kreator Digital yang Kerja di Luar Negeri untuk Berkarya di Tanah Air

- 1 Maret 2022, 19:12 WIB
Presiden Jokowi saat berdialog dengan empat talenta digital Indonesia secara virtual, Sea Labs Indonesia, Gedung Pacific Century Place, SCBD, Jakarta, Selasa 1 Maret 2022.
Presiden Jokowi saat berdialog dengan empat talenta digital Indonesia secara virtual, Sea Labs Indonesia, Gedung Pacific Century Place, SCBD, Jakarta, Selasa 1 Maret 2022. /BPMI Setpres/Kris

INDOBALINEWS - Presiden RI Jokowi mengundang putra-putri bertalenta digital baik di bidang kecerdasan buatan (AI), cloud computing, hingga blockchain yang bekerja di luar negeri untuk kembali dan berkarya di Tanah Air.

Jokowi mengatakan hal tersebut saat meresmikan Sea Labs Indonesia di Gedung Pacific Century Place, SCBD, Jakarta, Selasa 1 Maret 2022.

“Saya kira banyak yang, anak-anak kita yang ada di luar, yang perlu kita undang untuk kembali ke Tanah Air dalam rangka membangun sistem digital kita agar lebih baik dan kondusif lagi,” kata Jokowi.

Baca Juga: Umat Hindu Tengger Jalankan Ritual Nyepi, Taman Nasional Bromo Tutup 3 dan 4 Martet 2022

Dia menyebut Indonesia memiliki potensi besar dalam ekonomi digital.

“Potensi ekonomi digital Indonesia ini di tahun 2025 diperkirakan 146 miliar US Dollar dan kontribusi ekonomi digital Indonesia diproyeksikan naik delapan kali di tahun 2030, yaitu di angka Rp4.531 triliun. Ini sebuah angka yang sangat besar sekali. Dan, seluruh sektor digital juga mengalami pertumbuhan dua digit di tahun 2021,” tuturnya.

Ia menambahkan tidak ingin Indonesia hanya menjadi pasar saja, tetapi juga harus menjadi pemain.

Untuk mendukung hal tersebut, Jokowi memandang ekosistem yang kondusif harus dibangun bersama-sama.

Baca Juga: Tak Hadir dalam Rapim TNI dan Polri, Panglima Jenderal Andika Perkasa Terpapar Covid 19

Halaman:

Editor: M. Jagaddhita

Sumber: Setkab


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x