Jelang Nyepi, 450 Warga Binaan Pemasyarakatan LP Kerobokan Ikuti Ritual Melukat

- 1 Maret 2022, 19:37 WIB
Proses memercikkan air suci kepada para petugas lapas sebelum kegiatan pembersihan diri di LP Kerobokan, Bali, Selasa 1 Maret 2022.
Proses memercikkan air suci kepada para petugas lapas sebelum kegiatan pembersihan diri di LP Kerobokan, Bali, Selasa 1 Maret 2022. /ANTARA/Ayu Khania Pranisitha

INDOBALINEWS – Menjelang Hari Suci Nyepi 2022 atau bertepatan Tahun Baru Saka 1044 warga binaan pemasyarakatan LP Kerobokan mengikuti ritual melukat.

Terdapat 450 warga binaan pemasyarakatan yang mengikuti  acara pembersihan diri atau melukat menjelang Hari Suci Nyepi.

Hari Suci Nyepi bakal jatuh pada Kamis 3 Maret 2022 dan dimaknai umat Hindu dengan catur brata penyepian sejak Kamis pukul 06.00 WIB hingga Jumat 4 Maret 2022 pukul 06.00 WIB.

Baca Juga: Jokowi Mengajak Pulang Para Kreator Digital yang Kerja di Luar Negeri untuk Berkarya di Tanah Air

"Untuk acara keagamaan yang memang kita Indonesia adalah umat beragama yg melaksanakan kewajiban keagamaan termasuk melukat bagi agama Hindu adalah hal yang sakral dilaksanakan umat Hindu terutama bagi mereka yang ada di dalam lapas," kata Kepala Kantor Wilayah KemenkumHAM Bali Jamaruli Manihuruk saat ditemui di LP Kerobokan, Bali, Selasa 1 Maret 2022.

Kata dia proses pembersihan diri ini memiliki makna yang dalam bagi umat hindu sekaligus dalam rangka introspeksi diri sendiri.

Ia menyebut ketika dalam perjalanannya memiliki kesalahan, dan momen ini bisa mereka manfaatkan untuk membayarnya.

Jamaruli Manihuruk berharap kegiatan pembersihan diri ini dilakukan secara berkelanjutan dan sebisa mungkin dilaksanakan setiap tahun.Baca Juga: Umat Hindu Tengger Jalankan Ritual Nyepi, Taman Nasional Bromo Tutup 3 dan 4 Martet 2022

"Ini baru pertama kali dan untuk yang ini tapi kegiatan keagamaan lainnya sudah pernah dilakukan, sementara untuk melukat baru dilakukan," katanya.

Halaman:

Editor: M. Jagaddhita

Sumber: Antaranews


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x