Banjir di Pohuwato Gorontalo 40 Rumah Warga dan Lahan Pertanian Terendam

- 9 Agustus 2022, 16:18 WIB
Kondisi banjir di Pohuwato Gorontalo 40 Rumah Warga dan Lahan Pertanian Terendam
Kondisi banjir di Pohuwato Gorontalo 40 Rumah Warga dan Lahan Pertanian Terendam /Dok BNPB

 

INDOBALINEWS - Banjir yang terjadi di wilayah Kabupaten Pohuwato Provinsi Gorontalo, menyebabkan 40 rumah warga dan 4,5 Ha lahan pertanian jagung terendam banjir dengan Tinggi Muka Air (TMA) 20 hingga 80 sentimeter.

"Banjir terjadi setelah hujan deras mengguyur wilayah tersebut pada hari Senin 8 Agustus 2022 pukul 18.50 WITA," demikian yang dilaporkan BNPN dalam keterangan tertulisnya Selasa 9 Agustus 2022.

Berdasarkan laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pohuwato per Selasa 9 Agustus 2022 tercatat sebanyak 145 jiwa terdampak banjir.

Daerah terdampak mencakup Kecamatan Paguat, dan Desa Molamahu di Kecamatan Dengilo. Selain rumah, satu unit sarana pendidikan TK dan jalan trans Sulawesi dilaporkan ikut terendam banjir.

Baca Juga: Lagi, Presiden Jokowi Ingatkan Jangan Sampai Gara Gara Kasus Brigadir J, Citra Polri Rusak

Sebagai upaya penanganan darurat bencana banjir, BPBD Kabupaten Pohuwato telah terjun ke lokasi terdampak guna melakukan kaji cepat, penanganan dan evakuasi warga serta berkoordinasi dengan lintas instansi terkait dan pemerintah desa setempat.

Kondisi terkini, banjir telah surut. Tim gabungan dan perangkat desa bersama warga juga mulai melakukan pembersihan sisa material seperti lumpur dan material lainnya.

Sementara itu, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang masih berpotensi akan terjadi di wilayah Pohuwato hingga Rabu 10 Agustus 2022, sebagaimana menurut informasi prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Baca Juga: Wujudkan Happy Bali Digital Ecosystem, 50.000 Data Scientist sebagai Talenta Digital Masa Depan

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x