Dorong UMKM Naik Kelas, Kemenkominfo Siapkan Beragam Cara Hadapi Era Persaingan Dagang Digital

- 16 September 2023, 16:59 WIB
Arsip foto - Sejumlah peserta mengikuti pelatihan memotret produk UMKM memperluas jangkauan promosi melalui "online" dengan gawai di Rumah BUMN Bogor, Jawa Barat, Kamis (16/2/2023). (ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/nym/aa)
Arsip foto - Sejumlah peserta mengikuti pelatihan memotret produk UMKM memperluas jangkauan promosi melalui "online" dengan gawai di Rumah BUMN Bogor, Jawa Barat, Kamis (16/2/2023). (ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/nym/aa) /Antaranews

INDOBALINEWS - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menyiapkan beragam cara sebagai strategi bagi para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) agar bisa naik kelas menghadapi era persaingan dagang digital. 

Direktur Jendral Informasi dan Komunikasi Publik (Dirjen IKP) Kemenkominfo Usman Kansong, mengatakan beragam program seperti edukasi digital. Selain menyiapkan aturan terkait perdagangan digital yang melindungi UMKM, Kemenkominfo juga menyiapkan program lain seperti pembekalan kecakapan digital untuk UMKM go online, hingga menyiapkan beragam kolaborasi dengan industri. 

Direktur Jendral Informasi dan Komunikasi Publik (Dirjen IKP) Kemenkominfo Usman Kansong  di Bali
Direktur Jendral Informasi dan Komunikasi Publik (Dirjen IKP) Kemenkominfo Usman Kansong  di Bali Saifullah IndoBaliNews.com

Adapun untuk edukasi digital dilakukan agar para UMKM bisa mahir memanfaatkan konektivitas digital, Usman mencontohkan salah satu program edukasi dan literasi digital yang dihadirkan Kemenkominfo adalah program Transformasi 4.0 untuk UMKM, yang menargetkan 30 juta peserta. 

 

Kementerian berharap setelah teredukasi, para pelaku UMKM bisa lebih mahir dan mampu menggunakan fitur-fitur di platform digital untuk memasarkan produk dan memperluas jangkauan pasarnya. 

 

Dari sisi lain, kolaborasi dengan industri perdagangan digital seperti dengan Asosiasi E-commerce Indonesia (idEA) juga turut dilakukan untuk meningkatkan eksistensi produk-produk dari UMKM dalam negeri. 

 

Halaman:

Editor: Saifullah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x