TikTok Shop Dipersilahkan Buka Lagi di Indonesia, Syaratnya ini

- 21 November 2023, 16:53 WIB
Menkop UKM Teten Masduki di Nusa Dua Bali 21 November 2023
Menkop UKM Teten Masduki di Nusa Dua Bali 21 November 2023 /IndoBaliNews/ Saifullah

 

INDOBALINEWS - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Menkop UKM) Teten Masduki mempersilahkan pihak TikTok Shop kembali buka di Indonesia. 

"Jadi mereka silahkan saja membuka, siapapun juga bisa investasi di platform digital, cuma memang kita sudah punya aturan sekarang. Yang kita atur lebih dari sisi investasinya. Dari sisi perdagangan sama dari arus masuk barang yang dijual di online", kata Teten saat konferensi pers acara Rapat Koordinasi Nasional KUMKM, di Hotel Merusaka Nusa Dua, Bali, Selasa 21 November 2023. 

Pemerintah akan mengatur dari sisi itu untuk melindungi tiga hal. Melindungi e-commerce dalam negeri, melindungi industri, melindungi UMKM dan melindungi konsumen, urai Teten. 

Baca Juga: TikTok Shop Ditutup Dampaknya Positif, Untuk Siapa? Begini Kata Pakar Ekonomi

Ditambahkannya, kalau TikTok Shop mau buka lagi di Indonesia, pertama dia harus terpisah antara TikTok media sosial dengan TikTok Shop-nya tidak boleh di dalam satu platform. 

Kedua, mereka harus mengikuti aturan perdagangan baru dan ketiga mereka juga harus mengikuti standarisasi produk. 

"Supaya tidak ada lagi konsumen yang tertipu dengan menjual barang-barang yang murah tapi kualitasnya rendah. Dan mereka juga harus mengurus izinnya lagi," imbuhnya. 

Menurutnya Pemerintah Indonesia sudah clear dan  sudah sangat terbuka untuk investasi asing di ekonomi digital.***

Editor: Saifullah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x