TikTok Shop Ditutup Dampaknya Positif, Untuk Siapa? Begini Kata Pakar Ekonomi

- 8 Oktober 2023, 09:33 WIB
ilustrasi online shopping. Penutupan Tiktok Shop menurut pakar ekonomi berdampak positik pada iklim ecommerce.
ilustrasi online shopping. Penutupan Tiktok Shop menurut pakar ekonomi berdampak positik pada iklim ecommerce. /pixabay.com/

INDOBALINEWS - Pro kontra penutupan TikTok Shop masih bergulir di masyarakat.  Pemerintah resmi menutup TikTok Shop pada Rabu 3 Oktober 2023 pukul 17.00 WIB yang merujuk pada aturan pemerintah Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 31 Tahun 2023.

Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 50 Tahun 2020 dan Permendag Nomor 31 Tahun 2023 menyebabkan penutupan resmi TikTok Shop dengan alasan sosial commerce jadi tempat promosi dan dilarang untuk bertransaksi.

Pakar ekonomi Universitas Muhammadiyah (Unmuh) Jember Yohanes Gunawan Wibowo mengatakan penutupan TikTok Shop untuk sementara ini berdampak positif terhadap ekosistem e-commerce yang tercermin dalam peningkatan harga saham Bukalapak dan Tokopedia.

Baca Juga: Liga 1: Persebaya Surabaya Banyak Lakukan Kesalahan saat Hadapi Persib Bandung, Ini Penjelasan Josep Gombau

"Namun, itu mungkin hanya bersifat sementara karena platform digital tersebut kemungkinan akan kembali dengan cara yang berbeda," katanya dalam keterangan tertulis yang diterima di Kabupaten Jember, Jawa Timur, Sabtu 7 Oktober 2023 dilansir Antara.

 

Lebih lanjut dikatakannya penutupan tersebut telah memunculkan persaingan yang lebih intens di industri e-commerce dan meningkatkan penjualan di e-commerce Facebook Ads dan Instagram Ads.

Baca Juga: Kasus Anak Anggota DPR Aniaya Pacar Hingga Tewas, 'Kronologi Kekerasan Ronald Tannur Bengis dan Bereskalasi

Pengajar Program Studi Manajemen Unmuh Jember itu mengatakan konsekuensi penutupan TikTok Shop akan mempengaruhi pelaku bisnis yang mengandalkannya. Mereka harus meningkatkan kemampuan bisnis mereka baik secara luring maupun daring.

Halaman:

Editor: Shira Ade

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x