Korban Ledakan Tungku Smelter PT ITSS Morowali 13 Meninggal, 9 Tenaga Keja Indonesia, 4 Asal China

- 25 Desember 2023, 21:58 WIB
Suasana ketika tungku smelter nikel PT. ITSS di Morowali meledak hingga 13 orang meninggal dunia dan puluhan luka-luka.
Suasana ketika tungku smelter nikel PT. ITSS di Morowali meledak hingga 13 orang meninggal dunia dan puluhan luka-luka. /Tangkapan layar video kejadian

 

INDOBALINEWS - Ledakan tungku smelter di PT Indonesia Tsingshan Stainless Steel (ITSS) salah satu tenant yang beroperasi di kawasan PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) menyebabkan 13 orang meninggal, 9 WNI dan 4 tenaga kerja asing asal Cina.

Hingga data korban hari Senin 25 Desember 2023, diketahui 46 korban luka-luka,29 korban luka dirujuk ke RSUD Morowali, 12 korban diobservasi oleh Klinik IMIP, dan 5 korban lainnya menjalani rawat jalan.

Menurut Media Relations Head PT IMIP Dedy Kurniawan di Kota Palu, Sulteng, ledakan terjadi pada Minggu 24 Desember 2023 sekitar pukul 05.30 akibat tungku smelter di kawasan industri tersebut meledak.

Baca Juga: Bursa Transfer Pemain: Juan Cuadrado Cedera Panjang, Inter Milan Incar Tajon Buchanan 

"Hasil investigasi awal, penyebab kecelakaan kerja diperkirakan karena bagian bawah tungku masih terdapat cairan pemicu ledakan. Saat proses perbaikan tersebut, terjadi ledakan mengakibatkan kebakaran," kata Dedy Kurniawan di Kota Palu, Sulteng, seperti dilansir dari Antara Senin 25 Desember 2023.

Korban meninggal dunia sudah diidentifikasi, dan atas permintaan pihak keluarga korban, jenazah mereka hari ini telah diterbangkan ke kampung halaman masing-masing," ujarnya.

Ia memaparkan, ledakan pertama memicu sejumlah tabung oksigen di sekitar area ikut meledak, kebakaran tungku berhasil dipadamkan sekitar pukul 09:10 Wita.

Baca Juga: 2 Idola ASTRO Nyanyikan Lagu Galau saat Natal, 'Last Christmas', Ini Sepenggal Lirik dan Terjemahannya

Hingga kini, PT IMIP terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk menginvestigasi kejadian tersebut, termasuk penanganan korban.

Pihaknya juga berjanji menanggung seluruh biaya perawatan bagi korban dan memenuhi hak serta kewajiban para korban.

"Saat itu pekerja sedang melakukan perbaikan tungku dan pemasangan plat pada bagian tungku. Kami terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk penanganan lebih lanjut pascaledakan," ucap Dedy.

Baca Juga: Jalanin Hobi Sambil Tambah Penghasilan dari Rumah, Ini Daftar Game Penghasil Uang

Ia menambahka pihak manajemen perusahaan juga masih berkoordinasi untuk penanganan krisis seluruh aspek, antara lain mencakup penyiagaan keamanan dan keselamatan karyawan, klinik medis, sekuriti, dan penyediaan informasi kepada publik.

"PT ITSS merupakan salah satu tenant yang beroperasi di kawasan PT IMIP," kata dia. ***

Halaman:

Editor: Shira Ade

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x