Kericuhan Jelang Pemakaman Lukas Enembe: Kapolda Papua akan Tindak Tegas Jika Ada Aksi Lanjutan

- 29 Desember 2023, 08:12 WIB
Iring-Iringan Jenazah Lukas Enembe Rusuh, PJ Gubernur Hingga Kapolda Papua Jadi Sasaran Amukan Massa.
Iring-Iringan Jenazah Lukas Enembe Rusuh, PJ Gubernur Hingga Kapolda Papua Jadi Sasaran Amukan Massa. /Tangkapan layar Malang Hits

INDOBALINEWS - Kapolda Papua Irjen Pol. Mathius D. Fakhiri menyesalkan insiden kericuhan jelang pemakaman Lukas Enembe yang terjadi di beberapa titik di Sentani dan sekitarnya pada Kamis 28 Desember 2023.

Ia mencatat sejumlah dampak dari insiden tersebut dan berharap kejadian ini tidak akan terulang dan masyarakat diminta menjaga keamanan hingga prosesi pemakaman selesai.

Dikatakannya jika ada aksi lanjutan terkait hal ini ia tidak segan akan meakukan tindakan tegas. "Kami memberikan toleransi selama pengantaran jenazah. Namun, jika terjadi aksi lanjutan setelah pemakaman, kami tidak akan segan untuk melakukan tindakan tegas," kata Kapolda Irjen Pol. Mathius dalam pernyataan resminya yang dilansir dari Antara Jumat 29 Desember 2023.

Baca Juga: Lucunya Gaya Cipung Raffi Ahmad, Suka Pak Wowoh! Siapa ya?

Insiden yang terjadi ini, kata Irjen Pol. Mathius, sangat disayangkan karena masyarakat mengekspresikan kesedihan tidak sesuai dengan apa yang dikehendaki bersama.

"Momen ini seharusnya menunjukkan cinta kasih anak-anak kepada orang tuanya, dan saya sangat menyayangkan kejadian seperti ini yang seharusnya tidak terjadi," ujarnya.

Ia berharap agar tidak ada lagi aksi kericuhan serupa dan meminta masyarakat menunjukkan duka dengan cara yang benar sesuai dengan budaya anak Papua, tanpa merugikan atau mengganggu keamanan serta kenyamanan masyarakat lainnya.

 Baca Juga: Liga 1: Gali Freitas Diincar Klub Rival, Bos PSIS Semarang Sebut Tak Halangi Pemain yang Mau Pergi

Kapolda juga mengingatkan kepada masyarakat pendatang untuk menjaga kedamaian dan tidak mengambil langkah-langkah yang merusak suasana kerukunan di tanah Papua.

Halaman:

Editor: Shira Ade

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah