Kericuhan Pemakaman Lukas Enembe: 14 Luka 6 Kendaraan 28 Bangunan dan Rumah Terbakar dan Rusak

- 29 Desember 2023, 07:48 WIB
Sebuah ruko yang berada di Waena, Kota Jayapura, terbakar usai dilintasi arak-arakan jenazah Lukas Enembe pada Kamis, 28 Desember 2023
Sebuah ruko yang berada di Waena, Kota Jayapura, terbakar usai dilintasi arak-arakan jenazah Lukas Enembe pada Kamis, 28 Desember 2023 /Muhammad Rafiq/

INDOBALINEWS - Dalam kericuhan yang terjadi jelang pemakaman Lukas Enembe di Papua, Polda Papua mencatat beberapa insiden, terdapat 14 korban luka, termasuk Penjabat Gubernur Papua Muhammad Ridwan Rumasukun, delapan aparat keamanan, dan lima warga setempat.

"Selain itu, juga ada satu mobil yang dibakar, lima kendaraan rusak berat, tiga bangunan, dan sekitar 25 perumahan mengalami kerusakan serta pembakaran," ujar Kapolda Papua Irjen Pol. Mathius D. Fakhiri.

Hingga saat ini, kata dia, total kerugian masih dalam tahap penghitungan. Sementara itu, Penjabat Gubernur Papua Muhammad Ridwan Rumasukun yang turut menjadi korban luka dinyatakan stabil. Namun, korban akan menjalani pengobatan lebih lanjut di Jakarta.

\Baca Juga: Liga 1: Gali Freitas Diincar Klub Rival, Bos PSIS Semarang Sebut Tak Halangi Pemain yang Mau Pergi

Dalam pernyataan resminya Kamis 28 Desember 2023, Kapolda Papua juga menyesalkan insiden kericuhan saat pengantaran jenazah Lukas Enembe dari Sentani Kabupaten Jayapura hingga ke Koya Tengah Kota Jayapura.

"Kejadian tersebut terutama terjadi di beberapa wilayah seperti di depan Sekolah Teologia Atas Injili (STAKIN) Sentani dan beberapa titik lokasi lainnya," katanya dilansir dari Antara Jumat 29 Desember 2023.

Ia juga mengatakan pihak aparat juga terus melakukan pengawalan terhadap massa yang sudah di kediaman Lukas Enembe. 

Baca Juga: Lucunya Gaya Cipung Raffi Ahmad, Suka Pak Wowoh! Siapa ya?

Terkait insiden ini Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo membenarkan sempat terjadi kericuhan dari sekelompok masyarakat saat proses arak-arakan mendiang eks Gubernur Papua Lukas Enembe.

"Sempat tadi ada sedikit aksi dari beberapa kelompok masyarakat. Namun, setelah itu bisa diantisipasi," kata Kapolri usai menghadiri Deklarasi Pemilu Damai dan peresmian fasilitas baru di Mapolda Jatim, Surabaya, Kamis 28 Desember 2023.

Sigit menyatakan telah meminta seluruh aparat mempersiapkan diri untuk mengamankan proses pemakaman Lukas Enembe. Ia juga meminta jajarannya bisa menjaga situasi di Papua agar tetap terkendali.

Halaman:

Editor: Shira Ade

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x