Tahun Baru, Yuk Mulai Kebiasaan Baru, Perlu Berapa Hari untuk Terbiasa? Cek di Sini

- 31 Desember 2023, 10:33 WIB
Ilustrasi kebiasaan baru yang lebih baik di Tahun Baru 2024.
Ilustrasi kebiasaan baru yang lebih baik di Tahun Baru 2024. /X.com /

INDOBALINEWS - Tahun baru 2024 sudah di depan mata tinggal tak sampai 24 jam ke depan. Biasanya sebelum tahun baru, Anda sudah mulai mengevaluasi diri dan membuat resolusi untuk setahun ke depan.

Tentu saja semuanya adalah hal-hal yang diharap bisa lebih barik dari tahun sebelum, entah itu keuangan, hubungan atau kebiasaan. Ada hal-hal lama di tahun sebelumnya yang belum bisa sepenuhnya tercapai yang akan kembali dilanjutkan, ada pula hal hal baru yang akan Anda lakukan.

Khusus untuk hal-hal baru memang baru akan dimulai pada awal bulan Januari 2024. Tapi jangan takut, kebiasaan baik tak butuh sepanjang tahun untuk menjadi terbiasa kok. Dari hasil penelitian sebuah studi yang dipublikasikan tahun ini dalam Proceedings of the National Academy of Sciences (PNAS) secara umum diyakini bahwa dibutuhkan waktu tiga minggu (21 hari) untuk menciptakan sebuah kebiasaan.

Baca Juga: Liga 1: Kabar Buruk, Persib Bandung Berpotensi Jadi Tim Musafir Usai GBLA Masuk Daftar Renovasi

Namun tak semua orang memerlukan waktu hingga 21 hari untuk membentuk kebiasaan baru, tetapi jangka waktunya mungkin berbeda karena bergantung pada berbagai faktor.

“Anda mungkin pernah mendengar bahwa dibutuhkan waktu sekitar 21 hari untuk membentuk sebuah kebiasaan, namun perkiraan tersebut tidak didasarkan pada ilmu pengetahuan apa pun,” kata penulis studi Colin Camerer, PhD seperti disiarkan Health, Sabtu 30 Desember 2023.

Untuk menentukan berapa lama waktu yang dibutuhkan seseorang untuk membentuk suatu kebiasaan, Camerer dan rekannya menggunakan alat pembelajaran mesin dan kumpulan data objektif ribuan orang.

Baca Juga: Malam Tahun Baru di Bali: Begini Skema Rekayasa Lalu Lintas di Sekitar Kuta

Mereka secara khusus mengumpulkan informasi mengenai lebih dari 30.000 orang yang pergi ke pusat kebugaran dan 3.000 pekerja rumah sakit yang mencuci tangan selama bekerja.

Halaman:

Editor: Shira Ade

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x