Apa Itu Motivation Letter? Simak Tips membuatnya Agar Lolos Beasiswa

- 13 November 2023, 11:55 WIB
Ilustrasi Beasiswa. Begini tips membuat motivation letter sebagai persyaratan mendapatkan beasiswa
Ilustrasi Beasiswa. Begini tips membuat motivation letter sebagai persyaratan mendapatkan beasiswa /moinzon/pixabay


INDOBALINEWS – Motivation letter merupakan salah satu persyaratan dokumen yang dibutuhkan untuk keperluan pengajuan beasiswa. Jadi bagi para pencari beasiswa perlu memperhatikan dokumen yang satu ini. Biasanya dokumen ini akan menjelaskan bagaimana alasan dan minat terhadap beasiswa ini.

Tujuan dari adanya motivation letter adalah demi meyakinkan pemberi beasiswa akan kelayakan dari pencari beasiswa itu sendiri. Sehingga motivation letter memiliki andil yang sangat penting agar lolos tahap seleksi beasiswa, terutama untuk melanjutkan studi di luar negeri.

Tips Membuat Motivation Letter

Berikut langkah-langkah yang perlu diperhatikan untuk menulis motivation letter menurut laman resmi Schoters:
1. Buatlah awal paragraf yang menarik
Tentunya beasiswa yang masuk dan harus diulas oleh pemberi beasiswa bisa mencapai ratusan hingga ribuan. Oleh karena itu, membuat para reviewer dari pemberi beasiswa tertarik di bagian awal paragraf adalah salah satu kuncinya.

Untuk membuat paragraf menarik, usahakan untuk memilih kata yang tepat untuk membuat pembacanya tertarik. Kalimat yang menjual dalam tanda kutip positif, juga perlu diperhatikan. Selain itu, paragraf ini harus mengandung kalimat yang sederhana dan pastinya asli sesuai fakta.

Baca Juga: Viral di Medsos Speeding Motor di Serangan, Polisi Sudah Kantongi Hasil Rekaman CCTV Usut Kejadian

2. Jelaskan apa yang menjadi alasan dibalik pengajuan beasiswa ke luar negeri tersebut
Dalam hal ini, ceritakan terlebih dahulu kegiatan sehari-hari seperti pekerjaan dan peran yang dilakukan. Tambahkan sekilas tentang pengalaman terkait pekerjaan dan perkuliahan yang berhubungan dengan jurusan beasiswa yang dituju.

Kualitas dan bidang keahlian yang dimiliki harus ditekankan untuk mendukung lolos beasiswa. Jadi, perlu dipelajari lagi dengan seksama apa beasiswa yang ditawarkan. Jika pencari beasiswa ingin lintas jurusan, maka pastikan jurusan yang diambil beralasan kuat dan bermanfaat untuk pekerjaan yang diambil.

Baca Juga: Kualifikasi Piala Dunia 2026: Shin Tae Yong Target Timnas Indonesia Raih Poin di Kandang Irak

Halaman:

Editor: Shira Ade

Sumber: Schoters


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x