Update Gempa Tuban: Jumlah Pengungsi Korban Gempa Nyaris Mencapai 10 Ribu Jiwa

- 24 Maret 2024, 09:29 WIB
Bangunan di Surabaya rusak terdampak gempa Tuban
Bangunan di Surabaya rusak terdampak gempa Tuban /BPBD Surabaya

INDOBALINEWS -  Hasil perkembangan kaji cepat oleh BPBD Provinsi Jawa Timur, hingga Sabtu 23 Maret 2024 pukul 18.00 WIB, tercatat telah terjadi gempa susulan sebanyak 182 kali, dengan lokasi 132 kilometer (km) Timur Laut Tuban.

Menyusul hal tersebut, BPBD Jatim setempat telah mendirikan posko penanganan darurat gempa bumi, yang berlokasi di Kantor Kecamatan Sangkapura, Gresik.

Selain posko darurat, guna menghindari dampak terhadap masyarakat juga telah didirikan pos pengungsian. Adapun total pengungsi keseluruhan di Kecamatan Tambak berjumlah 5.509 jiwa dewasa, 1.187 lansia, dan 2.952 jiwa pengungsi anak.

Baca Juga: Serangan Teroris di Moskow Rusia, Jumah Korban Bertambah Menjadi 133 Orang

Sementara itu, hasil kaji cepat BPBD Provinsi juga menghimpun total jumlah dampak kerusakan akibat gempa yang dirasakan dampaknya hingga ke Kab. Sidoarjo, Kab. Pamekasan, Kabupaten Bojonegoro, Kabupaten Lamongan, Kota Surabaya, dan Kabupaten Tuban, di antaranya rumah rusak ringan sebanyak 1.356 unit, rumah rusak sedang 706 unit, dan rumah rusak berat sebanyak 331 unit.

Selain itu gempa juga membuat rusaknya sekolah sebanyak 62 unit, rumah sakit 5 unit, tempat ibadah 88 unit, dan gedung.

Guna melakukan penanganan darurat di lapangan, BPBD Provinsi Jawa Timur mengirimkan bantuan untuk warga terdampak berupa peralatan dan permakanan. BNPB akan memberikan dukungan logistik dan peralatan maupun Dana Siap Pakai (DSP) kepada masyarakat terdampak dan pemerintah kabupaten/kota yang masih berjibaku menanggulangi bencana.

Baca Juga: Sukses Gelaran Perdana Bohemia Fashion Week: Keunikan Kolaborasi Fesyen Kekinian dan Budaya Bali

Sementara itu untuk mematikan penanganan dampak gempa Tuban termasuk penanganan bagi pengungsi pada Mingu 24 Maret 2024 Kepala BNPB akan meninjau lokasi terdampak gempa di Gresik.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x