Bali Maritime Tourism Hub akan Jadi Daya Tarik Cruise Mancanegara Sandar

- 8 Maret 2024, 11:59 WIB
ilustrasi kapal pesiar. Kapal pesiar holland america line
ilustrasi kapal pesiar. Kapal pesiar holland america line /hollandamericaline

INDOBALINEWS - Pembangunan Bali Maritime Tourism Hub (BMTH) yang sudah memasuki tahap akhir tahun 2024 ini menjadi daya tarik tambahan cruise untuk sandar. Terlebih awal tahun lalu Pelindo sukses layani turn around 4.000 passanger dan handling luggage di Pelabuhan Benoa Bali.

Selain itu, selama 2023 Pelindo juga sukses melayani beragam cruise lines dengan rute Asia Pasific-Australia.

Hal itu dikatakan oleh Senior Manager Hukum dan Humas Pelindo Regional 3 Karlinda Sari dalam keterangannya di Surabaya, Kamis 7 Maret 2024.

Baca Juga: Liga 1: Persik Kediri vs RANS Nusantara, Incar Kemenangan Kandang, Marcelo Rospide Siapkan Hal Ini

“Tahun 2023 menjadi salah satu momen terbaik kami ketika berhasil menyadarkan salah satu cruise ukuran jumbo Celebrity Solstice di Pelabuhan Benoa. Selain itu juga kami telah melakukan layanan turn around 4.000 passanger awal tahun ini," ucapnya.

BMTH dibangun dalam upaya mengembangkan sektor pariwisata maritim di Bali. BMTH  yang berada kawasan Pelabuhan Benoa, Denpasar, Bali  ditargetkan rampung pada 2024.

Dalam pengerjaan proyek BMTH ada dua hal utama yang dikerjakan. Pertama pengerjaan di kawasan darat dan kedua adalah pengerukan kawasan laut atau mengeruk alur dan kolam pelabuhan di dermaga timur, Pelabuhan Benoa. Alur kolam tersebut direncanakan menjadi tempat sandar kapal pesiar terbesar di Asia.

Baca Juga: 11 Bahasa Daerah Punah karena Tak Dilestarikan Termasuk Bahasa 'Nila' di Maluku, Cek yang Lainnya

Di kesempatan itu Karinda Sari juga mengatakan PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 3 menargetkan 107 kapal pesiar atau cruise bersandar di pelabuhan wilayahnya selama 2024 dan penumpang sebanyak 172.750 orang.

Pihaknya optimistis target tersebut terpenuhi karena peningkatan layanan dan fasilitas pelabuhan yang sudah dilakukan selama 2023.

Selama 2023, kata dia, Pelindo Regional 3 sukses melayani 146 kunjungan kapal cruise dari target 33, dengan arus penumpang wisatawan sebesar 191.438 orang.

"Target tersebut meningkat tiga kali dibanding dengan target 2023," ucapnya.

Baca Juga: Bali United vs PSIS Semarang Jumat Sore ini, Simak Catatan Hasil 9 Kali Bertemu

Halaman:

Editor: Shira Ade

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x