Baru 40 Persen Wisawatan Asing Masuk Bali yang Membayar Pungutan Wisman

- 26 April 2024, 15:25 WIB
Ilustrasi kedatang wisatawan di bandara.
Ilustrasi kedatang wisatawan di bandara. /Antara

INDOBALINEWS - Dinas Pariwisata Bali sejak 14 Februari 2024 mengeluarkan kebijakan Peraturan Daerah Bali Nomor 6 Tahun 2023 tentang Pungutan bagi Wisatawan Asing untuk Perlindungan Kebudayaan dan Lingkungan Alam Bali.

Dalam perda tersebut termuat kewajiban pembayaran pungutan wisman Rp150 ribu setiap kunjungan ke Bali. 

Kepala Dinas Pariwisata Bali Tjok Bagus Pemayun mengatakan terkait pungutan wisman, hingga saat ini kebijakan tersebut terus bergulir. Terhitung sekitar dua bulan Pemprov Bali telah mengantongi uang sebanyak Rp67 miliar dari lebih 400 ribu wisman yang membayar.

Meski terlihat tinggi, Tjok Pemayun mengakui baru 40 persen dari wisman yang masuk Bali yang sudah melakukan pembayaran. "Diharap semakin banyak kegiatan skala besar seperti World Water Forum berlangsung nantinya akan semakin banyak kunjungan ke Bali," ujarnya dilansir dari Antara Jumat 26 April 2024.

Baca Juga: Catat Sejarah, Garuda Muda Terbang Lebih Tinggi, Cek Foto-Foto Momen Manis Perempat Final Piala Asia U-23 2024

Sebelumnya Dinas Pariwisata (Dispar) Bali kembali melakukan inspeksi mendadak (sidak) terhadap wisatawan mancanegara (wisman) yang belum membayar pungutan sebesar Rp150.000 di sejumlah lokasi pariwisata pada akhir April 2024..

Kepala Dispar Bali Tjok Bagus Pemayun di Denpasar, Selasa  23 April 2024, selanjutnya pada akhir April akan dilakukan di DTW Goa Gajah dan Tirta Empul di Kabupaten Gianyar, Pura Ulun Danu Beratan di Kabupaten Tabanan, dan Desa Penglipuran di Kabupaten Bangli.

“Rencana pemantauan antara hari Kamis atau Jumat (25 atau 26 April), masih menunggu informasi dari teman-teman pelaku pariwisata. Tempat-tempat itu kami jadikan target karena memang jumlah wisatawan mancanegara yang berkunjung ke DTW tersebut relatif banyak, dan juga ingin mengecek berapa banyak wisatawan yang sudah membayar, dan berapa yang belum,” katanya.

Baca Juga: Indonesia Tumbangkan Korsel lewat Drama Adu Penalti, Melaju ke Semi Final Piala Asia U-23 2024

Halaman:

Editor: Shira Ade

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x