Hidangan Lebaran dengan Kandungan Lemak Tinggi, Seimbangkan dengan Menyantap Sayur dan Buah

- 14 Mei 2021, 23:30 WIB
Buah dan sayur. /Pexels/Oleg Magni
Buah dan sayur. /Pexels/Oleg Magni /

INDOBALINEWS – Dua hari berturut-turut saat Lebaran biasanya menyantap menu makanan yang banyak mengandung santan seperti opor ayam.

Hari berikutnya disarankan untuk mengonsumsi sayur dan buah untuk mengimbangi makanan dengan kandungan lemak yang tinggi tersebut.

Dokter spesialis gizi dari Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI) Anna Maurina Singal  mengatakan santan memiliki kandungan lemak, (termasuk) asam lemak jenuh.

Baca Juga: Begini Cara Membersihkan Organ Intim Wanita Seusai Berhubungan Seks

“Jangan terlalu banyak ambil santannya. Mau makan lemak jenuh, siasati setelah itu dengan serat supaya bisa menurunkan absorbsi lemak yang kita makan. Pilih hidangan sayur yang tak mengandung santan di dalamnya," katanya, dikutip dari Antaranews, Jumat 14 Mei 2021.

Selain makanan, sajian Lebaran yang lain banyak yang rasanya manis mulai kue hingga minuman.

Anna menyarankan agar asupan serat ditingkatkan usai menyantap hidangan tersebut di antaranya memperbanyak buah dan air minum yang cukup.

Konsumsi serat dan air minum yang banyak akan dapat membantu pencernaan bekerja lebih baik dan mencegah sembelit maupun kembung, yang diderita sebagian orang usai merayakan Lebaran.

Baca Juga: Olahan Daging Bebek yang Lezat, Kandungan Nutrisi dan Manfaat bagi Kesehatan

Halaman:

Editor: M. Jagaddhita

Sumber: Antaranews


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah