Cara Mengatasi Ketiak Basah yang Mengganggu Kenyamanan dan Kepercayaan Diri

- 7 Juni 2021, 23:55 WIB
Ketiak basah tidak membahayakan, tetapi dapat mengganggu kenyamanan dan kepercayaan diri.
Ketiak basah tidak membahayakan, tetapi dapat mengganggu kenyamanan dan kepercayaan diri. /Alodokter

INDOBALINEWS – Tubuh menurunkan suhu secara alami melalui keringat, tetapi jika berlebih secara psikologis bisa mengganggu aktivitas sehari-hari.

Terlebih lagi jika keringat berlebih berada di ketiak dan membuat basa hingga tembus ke pakaian. Kondisi ini tidak membahayakan, tetapi bisa menggangu kenyamanan dan kepercayaan diri.

Timbulnya keringat yang berlebih tanpa pemicu disebut hyperhidrosis. Umumnya kondisi ini disebabkan oleh kelenjar keringat yang terlalu aktif.

Baca Juga: Enam Minuman Herbal untuk Tingkatkan Imunitas dan Cegah Beberapa Penyakit

Keringat berlebih di sekitar ketiak disebut axillary hyperhidrosis. Kondisi ini sering membuat penderitanya tidak percaya diri menggunakan pakaian berwarna terang, karena noda keringat dapat tampak jelas.

Berikut ini beberapa saran seperti dikutip dari PMJNews untuk mengatasi ketiak basah atau keringat berlebihan di sekitar ketiak

1. Pakai Antiperspiran

Deodoran hanya berfungsi menutupi bau keringat, sedangkan untuk mencegah keringat, gunakan produk yang mengandung antiperspiran. Garam aluminium dalam antipersepiran dapat menyumbat saluran keringat, sehingga menekan keluarnya keringat.

Biasanya produk antiperspiran dijual bebas dan dapat digunakan untuk mengatasi keringat berlebih di tangan, kaki, serta ketiak. Selain pada siang hari saat beraktivitas, produk ini juga dapat digunakan pada malam hari sebelum tidur.

Halaman:

Editor: M. Jagaddhita

Sumber: PMJNews


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x