Gen Z, Paling Rentan Alami Masalah Mental, Simak Solusi Mengantisipasinya

- 13 Agustus 2023, 06:19 WIB
Ilustrasi GEN Z
Ilustrasi GEN Z /Freepik/

INDOBALINEWS - Gen Z yang lahir rentang tahun 1997 - 2012, saat ini berusia 11 - 26 tahun. Dari total penduduk Indonesia pada Sensus Penduduk tahun 2020 diketahui sebanyak 270,2 juta jiwa, proporsi generasi Z mencapai 27,94 persen.

Nantinya saat Indonesia memasuki usia emas ke-100 tahun, generasi Z diproyeksikan menyumbang tenaga usia produktif cukup besar pada 2045. Dari proyeksi ini bisa diprediksi masa depan Indonesia sedikit banyak berada di tangan Gen Z.

Psikolog lulusan Universitas Indonesia Tara de Thouars, BA, M.Psi mengatakan bahwa Gen Z menjadi kelompok usia yang memiliki kepribadian ambisius dan kesadaran yang bagus. Namun begitu generasi ini juga menjadi kelompok yang paling rentan mengalami masalah mental.

Dikatakannya Gen Z menghadapi banyak tantangan. Walaupun begitu, mereka tetap mencoba tetap produktif dan menjaga kesehatan mentalnya.

Baca Juga: Begini Kronologi Detik Detik Bule Brazil Diperkosa oleh Oknum Driver Ojol, Diancam Dibunuh

"Tetapi, mereka punya kesadaran yang bagus untuk dirinya, tahu ambisius, overthinking (terlalu memikirkan sesuatu), enggak mau kalah dari teman-temannya, FOMO (fear of missing out, khawatir ketinggalan informasi), tetapi juga ingin menjaga work life balanced (keseimbangan pekerjaan dan kehidupan)," tutur Tara.

Untuk itu generasi ini memerlukan dukungan yang tepat termasuk dari keluarga agar potensi dirinya keluar.

"Semua Gen Z punya ciri, karakter yang kuat. Kalaupun potensi itu ada tapi tidak didukung, tidak dipupuk ya tidak akan keluar," kata Tara di Jakarta dilansir dari Antara Minggu 13 Agustus 2023.

Baca Juga: Pertama dalam Sejarah Tenis Indonesia, Jadi Host 19 Turnamen Internasional dalam Setahun

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah