Diet Nabati Turunkan Risiko Sebagian Besar Penyakit Utama Loh!

- 17 Mei 2024, 21:36 WIB
Ilustrasi diet nabati.
Ilustrasi diet nabati. /Pixabay/ silviarita

 

INDOBALINEWS – Penelitian ekstensif selama dua dekade terakhir menyebut diet plant-based atau diet nabati bisa menurunkan risiko sebagian besar penyakit utama loh!

Gaya hidup vegetarian dan vegan dapat dikaitkan dengan kesehatan kardiovaskular yang lebih baik dan risiko yang lebih rendah terhadap berbagai penyakit, termasuk kanker.

Penelitian tersebut, yang melibatkan tinjauan komprehensif terhadap 49 studi yang diterbitkan antara tahun 2000 dan 2023, menawarkan wawasan baru tentang bagaimana diet mempengaruhi hasil kesehatan jangka panjang.

Baca Juga: Polisi Proses Kasus Dugaan Penistaan Agama Oleh Kepala Kantor Otban Merauke 

Melansir earth.com, Jumat 17 Mei 2024, tinjauan “payung” yang dilakukan oleh para peneliti memungkinkan mereka untuk mengekstrak dan mensintesis data dari berbagai sumber, dengan fokus pada bagaimana diet berbasis tanaman mempengaruhi risiko penyakit kardiovaskular dan kanker.

Temuan ini mengungkapkan hubungan statistik yang kuat antara diet vegetarian dan vegan dengan pengelolaan yang lebih baik terhadap beberapa faktor risiko, termasuk tekanan darah, kadar gula darah, dan indeks massa tubuh (BMI).

Secara khusus, diet nabati dikaitkan dengan risiko yang lebih rendah terhadap penyakit jantung iskemik, serta kanker saluran pencernaan dan prostat.

Baca Juga: Investigasi Kontak Pegang Peranan Untuk Wujudkan Target Eliminasi TBC pada 2030

Namun, tak semuanya merupakan kemenangan yang pasti. Penelitian menunjukkan bahwa di antara wanita hamil, diet vegetarian tak secara signifikan mengubah risiko diabetes gestasional dan hipertensi jika dibandingkan dengan diet non-berbasis tanaman.

Halaman:

Editor: Ronatal Siahaan

Sumber: earth.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah