Menelusuri Pura Kereban Langit Yang Bersejarah di Bali, Biasa Jadi Tempat Memohon Keturunan

- 23 Maret 2021, 18:10 WIB
Pura Kereban Langit yang terletak di Desa Adat Sading Kecamatan Mengwi, Badung BALOI
Pura Kereban Langit yang terletak di Desa Adat Sading Kecamatan Mengwi, Badung BALOI /Gung De Indobalinews

INDOBALINEWS - Pura Kereban Langit yang terletak di Desa Adat Sading, Kecamatan Mengwi, Badung tergolong unik. Puranya berada dalam goa, namun goa tersebut tak seutuhnya tertutup.

Ada sebuah lubang cukup besar dari atas yang menyinari sebagian isi goa. Itu sebabnya pura tersebut dinamakan Pura Kereban Langit, yang bermakna pura beratapkan langit.
Untuk mencari Pura Kereban Langit tidaklah sulit.

Pamedek yang ingin nangkil bisa menggunakan pemandu arah google maps. Jika dari pusat Kota Denpasar, Pura Kereban Langit bisa ditempuh dalam waktu sekitar 30 menit. Pura ini terletak di ujung jalan. Untuk mencapai pura ini, pamedek akan menuruni sekitar 30 anak tangga. Setelah itu, pamedek akan sampai di Pura Kereban Langit yang posisinya bersebelahan dengan sungai.  

Baca Juga: Andrew Ayer Buronan Interpol Yang Sempat Kabur Hari Ini Dideportasi ke Rusia

Baca Juga: Miris, Terjerat Pinjol Untuk Bayar Kuliah Calon Advokat Coba Gasak Brankas LBH Bali

Keberadaan Pura Kereban Langit ini cukup dikenal sebagai tempat untuk nunas pemargi (meminta petunjuk atau jalan) memohon keturunan. Bukan tanpa sebab tempat tersebut menjadi terkenal seperti itu. Konon, berdasarkan sejarah pura tersebut, kelahiran kembar buncing Sri Masula-Masuli yang pernah menguasai Bali Kuno, berasal dari anugerah tirta selaka yang bersumber dari pura ini.

Menurut penuturan Pemangku Pura Kereban Langit, Jero I Ketut Witera belum lama ini keberadaan goa ini sudah ada sejak pemerintahan Raja Udayana. Pada masa pemerintahan ayahanda Sri Masula-Masuli (dalam berbagai referensi disebutkan adalah Sri Jaya Kasunu), lama tidak memiliki keturunan.

Sri Jaya Kasunu kemudian memohon pada Ida Bhatara di Gunung Agung Giri Tohlangkir agar dianugerahi keturunan. Konon, saat itu hanya diberikan petunjuk agar mencari tirta salaka yang ada di dalam sebuah goa.

Baca Juga: Ini, Himbauan Bali MICE Forum Terkait Pemulihan Pariwisata Bali

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x