Liburan Sekaligus Belajar ke Pura Gunung Kawi Gianyar

- 4 September 2020, 06:48 WIB
Pura Gunung Kawi dari sisi Timur/ Frans Gandhi
Pura Gunung Kawi dari sisi Timur/ Frans Gandhi /

INDOBALINEWS –  Weekend telah tiba, saatnya untuk berkemas mengistirahatkan pikiran setelah hampir satu minggu full dijejali dengan beragam pekerjaan. Kali ini kita akan melangkahkan kaki menuju gumi seni Gianyar.

Lokasi wisata yang tidak saja memberikan kesegaran pikiran tapi sekaligus menjadi wisaya rohani dan pendidikan. Namanya Pura Gunung Kawi.

Baca Juga: Bukit Kursi, Surga Tersembunyi di Bali Utara

Terletak di wilayah Banjar Penaka, Desa Tampaksiring, Kecamatan Tampaksiring, Gianyar. Menjadikan Pura Gunung Kawi sebagai salah satu situs arkeologi yang menakjubkan di Provinsi Bali yang patut kalian kunjungi.

Terdapat 10 candi yang yang berjajar di sebelah barat dan timur pada dinding tebing batu pasir. Temmpat wisata ini berjarak sekitar 1 jam 30 menit dari arah kota Denpasar, objek wisata ini bisa ditempuh menggunakan roda empat dan roda dua.

Baca Juga: Wisata Taman Jinja Bernuansa Ala Jepang Ada di Besakih Bali

Bagi Anda yang hendak menuju objek wisata ini alangkah baiknya jika datang saat pagi hari sebab keindahan sunrise semakin sempurna tatkala kita menyaksikannya dari areal persawahan bertingkat dengan sistem irigasi tradisional subak yang berada di sekitar objek wisata.

Pura Gunung Kawi dari sisi Barat/ Frans Gandhi
Pura Gunung Kawi dari sisi Barat/ Frans Gandhi

Berdasarkan informasi yang diimpun, Candi Tebing Gunung Kawi diperkirakan telah dibangun sejak pertengahan abad ke-11 Masehi, pada masa dinasti Udayana (Warmadewa). Pembangunan candi ini diperkirakan dimulai pada masa pemerintahan Raja Sri Haji Paduka Dharmawangsa Marakata Pangkaja Stanattunggadewa (944-948 Saka/1025-1049 M) dan berakhir pada pemerintahan Raja Anak Wungsu (971-999 Saka/1049-1080 M).

Halaman:

Editor: Gede Apgandhi Pranata


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x