Kapal Pinisi Jadi Google Doodle, Simak 8 Fakta Menariknya

- 7 Desember 2023, 15:37 WIB
Google Doodle hari ini yang menampilkan Kapal Pinisi.
Google Doodle hari ini yang menampilkan Kapal Pinisi. /Tangkapan layar Google Doodle

INDOBALINEWS – Kali ini, Indonesia memiliki suatu kebanggaan baru dengan munculnya kapal pinisi sebagai logo Google Doodle pada hari Kamis, 7 Desember 2023.

Hal ini dilakukan sebagai bentuk perayaan kapal panisi menjadi warisan budaya UNESCO, tepatnya sudah memasuki tahun keenam. Kapal pinisi ini merupakan kapal yang berasal dari Makassar, Sulawesi Selatan.

Tentunya tidak hanya itu, masih banyak lagi fakta-fakta menarik tentang kapal pinisi seperti berikut:

1. Kapal pinisi merupakan salah satu warisan budaya tak benda UNESCO, yang ditetapkan pada 7 Desember 2017 dengan Sidang ke-12 Komite Warisan Budaya Tak Benda UNESCO di Pulau Jeju, Korea Selatan. Penghargaan tersebut menjadi penghargaan pertama di dunia maritim Internasional.

Baca Juga: 10 Seniwati yang Tergabung dengan Iluh Bali Gelar Pameran Bertajuk 'Mula' dalam Rangka Akhiri Tahun 2023

2. Sejak tahun 1500an, kapal pinisi sudah dikenal di Indonesia dimana kapal tersebut dipergunakan oleh para pelaut Konjo, Bugis, dan Mandar asal Sulawesi Selatan. Ini membuktikan bahwa kapal pinisi layak menjadi warisan budaya dunia yang harus selalu dijaga keberlangsungannya.

3. Pembuatan kapal pinisi ini tersebar di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan yang ada di tiga desa yaitu Desa Tana Beru, Bira, dan Batu Licin. Pengerjaannya masihlah dengan cara tradisional dan tidak boleh sembarangan.

4. Proses pembuatan pinisi ini terdapat tiga tahap yang harus dijalani. Pertama penentuan hari baik untuk mencari kayu, biasanya pada hari ke-5 atau ke-7. Tahap tersebut menyimbolkan rezeki yang melimpah. Kedua masuk ke proses penebangan, pengeringan, pemotngan hingga perakitan kayu. Tahap kedua memakan waktu hingga berbulan bulan. Tahap yang ketiga adalah proses peluncuran kapal pinisi ke laut.

Baca Juga: Luncurkan Buku, Marinus Gea Dinilai Sebagai Sosok yang Memiliki Kecerdasan dan Pengetahuan Luas

Halaman:

Editor: Wildan Heri Kusuma

Sumber: Kemendikbud Kemenparekraf


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x