Pertamina Akan Miliki Kapal Tanker Raksasa Kedua, Ini Kelebihannya

- 10 Maret 2021, 13:28 WIB
Kapal tanker raksasa buatan Jepang.
Kapal tanker raksasa buatan Jepang. /Indobalinews/Antara/HO

INDOBALINEWS - PT Pertamina Internasional Shipping yang merupakan anak usaha PT Pertamina (Persero), akan memiliki kapal tanker raksasa atau very large crude carrier yang kedua.

Kapal buatan Jepang ini melakukan ujicoba pelayaran selama enam hari, terhitung sejak 8-13 Maret 2021. Ujicoba berlangsung di Kepulauan Goto, Prefektur Nagasaki, Jepang.

“Sebelum berlayar, semua bagian harus dipastikan sudah beroperasi dengan baik. Kami berharap jika lulus ujicoba, kapal dapat beroperasi melaksanakan tugas penyaluran energi," ujar Direktur Manajemen Armada PT Pertamina International Shipping I Putu Puja Astawa, dalam keterangannya di Jakarta, Rabu 10 Maret 2021.

Baca Juga: Drama di Turin, Juventus Tersingkir di Liga Champions

Ia menjelaskan, kapal tanker raksasa ini telah melaksanakan steel cutting pada tanggal 20 Desember 2019. Kapal ini dipastikan memiliki performa sesuai dengan spesifikasi yang dijanjikan oleh Japan Marine United (JMU), pembuat kapal.

Adapun komponen yang menjadi objek uji coba antara lain progressive speed, fuel consumption, turning, vibration, noise level, anchoring, steering gear, performa main engine, endurance, maneuvering kapal, konfirmasi cargo oil pumping rate capacity, running test SOx Scrubber, serta operation test Ballast Water Management System.

Kapal tanker raksasa kedua Pertamina ini memiliki kapasitas dua juta barel dengan kecepatan 16,8 knot. Kapal ini dipersiapkan untuk memenuhi kebutuhan penyuplaian kilang yang dijalankan oleh Subholding Refinery & Petrochemical Pertamina.

Baca Juga: Ini 10 Tempat Wisata Menarik di Ubud Bali, Salah Satunya Monkey Forest

Kapal ini telah memenuhi requirement terminal modern di dunia dan regulasi internasional, yaitu IMO Annex VI Tier III, yang berguna untuk pembatasan emisi gas buang Sulphur Oxide (SOx) dan Nitrogen Oxide (NOx).

Kapal tanker raksasa ini lebih efisien dalam penggunaan bahan bahan bakar dan penerapan konsep Eco-Green vessel atau lower operation cost berbasis desain yang ramah lingkungan.

Ini menjadikan kapal tersebut lebih irit dalam hal konsumsi bahan bakar sebesar 25 persen dibandingkan dengan kapal sejenis.

Baca Juga: Setelah Modul UKW, Pikiran Rakyat Media Network Lahirkan Penguji Kompetensi Wartawan

Sebelumnya, Pertamina telah meluncurkan kapal tanker pertamanya Pertamina Pride pada 29 November 2020. Menurut rencana, serah terima kapal tanker raksasa kedua ini akan dilaksanakan di Galangan JMU Ariake, Jepang, 30 Maret 2021 mendatang.***

Editor: M Susanto Edison

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah