Tidak Ingin Warganya Terjerumus Narkoba Kanit Binmas Lakukan Bimluh

- 24 Maret 2022, 08:59 WIB
Unit Binmas Polsek Mengwi menggelar bimbingan penyuluhan (Bimluh) kepada para pemuda Dharma Sentana Banjar Sengguan, Kelurahan Abianbase, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung Bali Rabu 23 Maret 2022 malam.
Unit Binmas Polsek Mengwi menggelar bimbingan penyuluhan (Bimluh) kepada para pemuda Dharma Sentana Banjar Sengguan, Kelurahan Abianbase, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung Bali Rabu 23 Maret 2022 malam. /Dok Humas Polres Badung Bali

INDOBALINEWS - Unit Binmas Polsek Mengwi menggelar bimbingan penyuluhan (Bimluh) kepada para pemuda Dharma Sentana Banjar Sengguan, Kelurahan Abianbase, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung Bali Rabu 23 Maret 2022 malam.

Acara Bimluh dipimpin langsung oleh AKP Ida Bagus Ketut Mantra didampingi Bhabinkamtibmas Kelurahan Abianbase AIPTU I Ketut Sumadi Putra dan mengedukasi para pemuda terkait bahaya narkoba.

Dijelaskan IB Ketut Mantra, narkoba adalah singkatan dari narkotika dan obat/bahan berbahaya. Selain itu ada istilah lain yaitu Napza singkatan dari Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif.

Baca Juga: Presiden Jokowi: Mudik Idul Fitri 2022 Boleh, Bagi yang Sudah Vaksin Lengkap dan Booster

"Adapun dari jenis-jenis narkoba diantaranya stimulan memacu kerja otak, bersifat psikoaktif (kokain, katinona, shabu, ekstasi)," ujar Ketut Mantra.

Lebih lanjut dikatakannya ada pula narkoba yang bersifat depresan yang menghambat kerja otak, bersifat penenang, menekan rasa nyeri (heroin, morfin, kodein, benzodiazepin, metadon).

Selain itu jenis lain adalah bersifat halusinogen menimbulkan halusinasi (ganja, meskalin, inhalan, psilosibina mushroom).

Baca Juga: PPLN yang Baru Tiba di Bandara Seluruh Indonesia Tak Wajib Jalani Karantina

"Tahapan penyalahgunaan Narkoba berawal dari Kompromi, yang merupakan sikap tidak tegas dalam menolak narkoba, berlanjut kepada coba pakai yaitu mulainya mencoba karena ingin tahu atau adanya pengaruh pertemanan, berlanjut ke Habituasi yaitu mengulangi pemakaian hingga menjadi sebuah kebiasaan, setelah itu Adiksi merupakan ketagihan yang mendorong untuk terus menerus memakai narkotika dengan takaran yang kian meningkat”. Jelas Kanit Binmas

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x