Atasi Kesenjangan Digital, Buleleng Bangun Pemancar Internet dari Bambu

- 25 Oktober 2022, 12:38 WIB
Menara pemancar internet dari bambu yang dibangun di Desa Tembok, Kecamatan Tejakula, Kabupaten Buleleng.
Menara pemancar internet dari bambu yang dibangun di Desa Tembok, Kecamatan Tejakula, Kabupaten Buleleng. /Humas Pemkab Buleleng

INDOBALINEWS – Pemkab Buleleng, Bali, membangun pemancar internet dari bambu di Desa Tembok, Kecamatan Tejakula.

Upaya tersebut dimaksudkan untuk mengatasi permasalahan digital dengan biaya relatif murah serta kesenjangan internet di wilayah setempat.

Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah (Setda) Buleleng Nyoman mengatakan wilayahnya sangat membutuhkan pembangunan infrastruktur jaringan internet.

Baca Juga: Beda Sikap Persebaya Surabaya dan Persija Jakarta Terkait Kongres Luar Biasa PSSI

"Kesenjangan digitalisasi wilayah perkotaan dengan pedesaan masih terjadi di daerah ini sehingga pembangunan infrastruktur jaringan internet sangat diperlukan di wilayah pinggiran," katanya, Selasa, 25 Kotober 2022.

Kata dia pembangunan pemancar internet berbahan bambu dapat meningkatkan digitalisasi, mendorong layanan kesehatan, pendidikan, jaring pemasaran usaha mikro kecil menengah (UMKM) serta layanan publik pemerintah.

Genep menyebut pembangunan pemancar internet berbahan dari alam pertama di daerah tersebut sebagai role model pemerataan akses internet yang ramah lingkungan.

"Ke depan bisa diperluas tidak hanya di Desa Tembok, namun di desa lain untuk mengatasi kesenjangan jaringan internet. Nantinya, dari Dinas Kominfosanti akan mengkaji daerah yang perlu dikembangkan atas wilayah blank spot di Kabupaten Buleleng," ucapnya.

Baca Juga: Perempuan Bercadar Menerobos Istana Kepresidenan, Begini Penjelasan Komandan Paspampres

Halaman:

Editor: M. Jagaddhita

Sumber: Antaranews


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x