Hari Kesiapsiagaan Bencana 26 April: Instansi dan Organisasi Diimbau Gelar Simulasi Evakuasi Mandiri Serentak

- 25 April 2023, 20:36 WIB
Sekretaris Daerah Provinsi Bali Dewa Made Indra.
Sekretaris Daerah Provinsi Bali Dewa Made Indra. /Dok Humas Pemprov Bali

INDOBALINEWS - Sekretaris Daerah Provinsi Bali Dewa Made Indra menghimbau instansi/organisasi di Bali untuk mengunduh aplikasi InaRisk Personal di Playstore/IOS untuk mengetahui informasi ancaman bencana di lokasi masing-masing dan mengikuti rekomendasi cara mengurangi risikonya.

Dikatakannya imbauan ini merupakan bagian dari langkah-langkah kesiapsiagaan sebagai tindak lanjut radiogram Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 300.1.7/2278/SJ Tanggal 18 April 2023 terkait peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) yang jatuh setiap tanggal 26 April.

Selain mengunduh aplikasi, langkah selanjutnya instansi  juga diminta menyusun rencana/prosedur kedaruratan, membentuk tim tanggap darurat, menyiapkan sarana prasarana kedaruratan serta melaksanakan simulasi/latihan dan evaluasi secara berkala.

Baca Juga: Libur Idul Fitri 2023 Beragam Fasilitas di The Nusa Dua yang Tutup Saat Pandemi Kini Sudah Bisa Dinikmati

“Melaksanakan dan/atau mengarahkan jajaran instansi/organisasi masing-masing sampai ke tingkat kecamatan, kelurahan/desa dan desa adat untuk melaksanakan simulasi/latihan evakuasi mandiri secara serentak pada tanggal 26 April 2023 pada pukul 10.00 WITA yang ditandai dengan membunyikan kentongan/lonceng/alarm/sirine sebagai tanda terjadinya bencana (sesuai ancaman bencana setempat),” kata Dewa Indra menyampaikan langkah selanjutnya yang harus dilakukan instansi/organisasi.

Baca Juga: Welcome to Bali: Para Turis Disambut Mobil Klasik nan Rupawan dari Tuksedo Studio Exhibition

Terakhir, instansi/organisasi juga diminta agar mendokumentasikan simulasi/latihan yang dilakukan serta mengunggah ke media sosial dengan mencantumkan hastag : #HKB2023 #HKBBali2023 #SiapUntukSelamat #BaliSiapUntukSelamat. ***

 

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x